Proyeksi: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 26, No 1 (2021): PROYEKSI, Jurnal Ilmu Ilmu Sosial dan Humaniora

Peran Edukasi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 Melalui Metode Storytelling Sejarah Pandemi Flu Spanyol 1918 (Studi Pada Mahasiswa FKIP Universitas Tanjungpura)

Edwin Mirzachaerulsyah (Program Studi Pendidikan Sejarah. FKIP. Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari tulisan ini adalah untuk melihat implementasi dan peran edukasi Covid-19 melalui metode storytelling sejarah pandemi flu Spanyol pada mahasiswa di lingkungan FKIP Untan Pontianak.Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini sangat relevan dengan peristiwa Pandemi Flu Spanyol yang terjadi pada tahun 1918 ketika itu Indonesia yang masih bernama Hindia Belanda juga terkena wabah tersebut. Kegiatan edukasi protokol kesehatan menjadi bagian terpenting dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 utamanya di lingkungan kampus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan peran edukasi prokes Covid-19 melalui metode storytelling sejarah pandemi Flu Spanyol pada mahasiswa di lingkungan FKIP Untan Pontianak. Tulisan ini menggunakan jenis penelitian penelitian kualitatif. Hasil kajian memperlihatkan bahwa edukasi prokes Covid-19 kepada mahasiswa di lingkungan FKIP Untan dengan menggunakan metode storytelling dianggap sebagai metode baru dan menarik. Secara kolektif mahasiswa memahami pernah ada wabah serupa Covid-19 bernama Flu Spanyol di tahun 1918 yang memakan korban jiwa serta memperparah situasi ekonomi negara-negara di dunia kala itu. Metode ini mampu menumbuhkan kesadaran kolektif di kalangan mahasiswa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memangkas penyebaran Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Proyeksi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Proyeksi adalah Jurnal ilmiah di bidang ilmu sosial dan humaniora mencakup ilmu administrasi, sosiologi, sosiatri, ilmu politik, administrasi negara, ilmu pemerintahan, hubungan internasional, ilmu komunikasi, antropologi dalam cakupan yang ...