Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, mendata dan mencatat Pengetahuan Lokal (Indiegenous System Knowledge/IKS) sebagai bahan kajian untuk dimasukkan dalam bahan ajar dan referensi MK Konservasi dan Keanekaragaman Hayati di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana. Pencarian data dilakukan di 5 (lima) desa di Kabupaten Kupang. Metode yang digunakan adalah survei untuk mendapatkan data, dan deskriptif kuantitatif untuk mendata dan mengolah data. Survei dilakukan dengan google form untuk mahasiswa yang sudah pernah mendapatkan dan sedang mengampu MK Konservasi dan Keaneragaman Hayati. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan lokal yang relevan dengan materi MK referensi bahan ajar MK Konservasi dan Keanekaragaman Hayati di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana yaitu analisis mamar, analisis keanekaragaman hayati dari perspektif masyarakat adat, dan pengetahuan lain yang relevan dimasukkan ke dalam materi ajar MK Konservasi Kehati sehingga bisa menjadi modul dan buku referensi atau bisa disisipkan untuk materi MK Konservasi dan Keanekaragaman Hayati di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana
Copyrights © 2021