Kurangnya kemampuan membaca membuat siswa kesulitan dalam memahami materi serta menguasai kompetensi dasar yang menjadi tuntutan kurikulum. Metode belajar yang klasikal tampak kurang efektif dalam membantu siswa mengenal huruf dan membaca kata. Diperlukan bantuan media, guna memperlancar proses belajar dan menolong siswa mengenal huruf serta membaca. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca siswa dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas 1 SDN Sonraen Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, meliputi tahap perancangan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan semua siswa kelas 1 SDN Sonraen sebanyak 23 orang. Hasil pretes menunjukan rata-rata nilai siswa 57,5 dan ketuntasan kelas 13,04%. Dengan menggunakan media flashcard diperoleh hasil siklus kedua menunjukkan bahwa presentase ketuntasan mencapai 82,61%, siswa aktif dalam pembelajaran dan mampu mengatasi kesulitan membaca yang dialami siswa . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa
Copyrights © 2021