Haumeni Journal of Education
Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021

Penggunaan Media Gambar dan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Bokong 2

Maria Kardina Nali (SD Bokong 2)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Proses pembelajaran berbahasa pada tingkat sekolah dasar harus menyesuaikan dengan tahapan berpikir anak sehingga guru perlu kreatif dalam menghadirkan media konkret yang dapat memudahkan anak dalam berbahasa. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media gambar dan kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 SD Negeri Bokong 2. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana secara garis besar terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media gambar dan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini ditunjukan berdasarkan data ketuntasan kelas dalam membaca pada siklus I yaitu 64.28 % selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 85.71%. Selain itu hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa meningkat dari siklus I yaitu kriteria kurang dan cukup menjadi kriteria baik pada siklus II. Begitu pula, dengan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menjadi kriteria baik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...