Haumeni Journal of Education
Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021

Peningkatan Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar melalui Penggunaan Kartu Huruf pada Siswa Kelas 1B SDN Buraen 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

Yosina Abanat (SDN Buraen 1)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari siswa maupun guru. Dalam pengalaman di lapangan, siswa tampak belum menunjukkan antusiasme dalam pembelajaran. Siswa tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan jarang mencoba untuk mengenal huruf atau kata secara mandiri. Sementara guru sering melakukan pembelajaran dengan model klasikal dan kurang menggunakan media atau alat peraga yang sesuai untuk menyelesaikan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa kelas 1B SDN Buraen 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan menggunakan media kartu huruf. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang meliputi tahap perancangan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang disiapkan meliputi soal tes, serta lembar observasi guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Subyek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas 1B SDN Buraen 1 dan guru. Hasil pretes menunjukan bahwa tes awal memiliki rata-rata 59,87 dan ketuntasan kelas 40%. Dengan menggunakan media kartu huruf diperoleh hasil siklus kedua menunjukkan bahwa presentase ketuntasan mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...