JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 4, No 2 (2019): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Peranan Metode Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematika

iffah karimah (universitas indraprasta PGRI)
Huri Suhendri (Unknown)
Condro Endang Werdiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mempelajari Peranan Metode Pembelajaran Pembelajaran Kolaboratif terhadap Pemecahan Masalah Matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel diambil dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas VIII di Kecamatan Jagakarsa yaitu: MTs Nurussaadah Jakarta dan SMP Perguruan Rakyat 1 Jakarta tahun ajaran 2018/2019, dengan masing-masing siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol 25 siswa. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 50 siswa, dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan bantuan soal esai untuk variabel pemecahan masalah matematika siswa.Uji hipotesis penelitian menggunakan uji –t dan diperoleh hasil. Perlu DAPAT disimpulkan, yang disediakan Peranan Metode Pembelajaran Collaborative Learning terhadap pemecahan masalah matematika. Metode Pembelajaran Kolaboratif dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran untuk membuat pembelajaran yang aktif, efektif dan tidak dapat digunakan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...