JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 4, No 2 (2019): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Diskrit Melalui Problem Based Learning pada Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari

Novia Dwi Rahmawati (Universitas Hasyim Asy’ari)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kualitas pembelajaran matematika diskrit melalui Problem Based Learning pada mahasiswa semester IV prodi pendidikan matematika Universitas Hasyim Asy’ari. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan: (1) Keterampilan dosen mengalami peningkatan, yaitu pada  siklus I jumlah skor 41 dengan kategori tinggi dan pada  siklus II jumlah skor 49 dengan kategori sangat tinggi; (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu  pada siklus I jumlah skor rata-rata yang diperoleh 19,34 dengan kategori tinggi dan pada siklus II skor rata-rata meningkat mencapai 22,51 dengan kategori sangat tinggi; (3) Ketuntasan belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan belajar 66,7% dan  pada  siklus II ketuntasan belajar 83,4% dengan KKM lebih dari atau sama dengan 65

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...