Transformasi
Vol 16, No 2 (2020): TRANSFORMASI

MEDIA PEMBELAJARAN ENGINE TUNE-UP TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI SMK N JUMO TEMANGGUNG

Aris Budiyanto, Fatimah Nur Arifah, Sri Waluyo (STMIK Bina Patria)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara belajar mengajar siswa yang masih belum memahami materi-materi engine tune-up yang masih menggunakan media pembelajaran berupa papan tulis dan buku modul yang masih belum sesuai dengan materi yang guru berikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi engine tune-up berbasis Android agar siswa lebih mudah memahami. Dalam melakukan penelitian, metodologi yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumen, analisis, desain, pengujian atau testing dan implementasi. Software yang digunakan adalah AdobeFlash dan CorelDraw. Perancangan berbasis multimedia ini menggunakan model pengembangan perangkat lunak Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahap penelitian meliputi : concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution. Hasil penelitian berupa media pembelajaran berbasis Android, sebuah media pembelajaran berisi materi yang sudah dipadukan dari beberapa sumber materi pelajaran, video, animasi yang berisi tentang materi engine tune-up untuk kelas XI. Jadi, dengan dibangunnya media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dan memudahkan guru dalam memberikan materi engine tune-up teknik kendaraan ringan kelas XI SMK N Jumo Temanggung. Kata kunci : Media Pembelajaran, Engine Tune-Up, MDLC

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal transformasi sebagai wadah untuk mengembangkan Dan mensosialosasikan IPTEk berbasis penelitian dan kajian ilmiah (artikel review) dalam lingkup Informatika, elektronika, manajemen, pendidikan & ...