Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2017)

PELATIHAN MENULIS CERITA DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD DI KABUPATEN BOYOLALI JAWA TENGAH

Febritesna Nuraini (Universitas Ahmad Dahlan)
Dewi Eko Wati (Universitas Ahmad Dahlan)
Dwi Hastuti (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Salah satu permasalahan di Guru PAUD Kabupaten Boyolali Jawa Tengah adalah rendahnyaguru dalam menggunakan metode bercerita di dalam kelas. Metode bercerita merupakan salah satumetode yang digunakan guru untuk mengembangkan aspek-aspek yang ada di dalam anak, sepertikognitif, bahasa, fisik motoric, moral dan agama,dan seni. Oleh karena itu metode berceritamerupakan salah satu kegitan yang dapat membantu anak berkembang. Kenyataan di lapanganbelum semua guru mampu menggunakan metode berceita sebagai sarana dalam pembelajarandengan alasan terlalu susah. Berdasarkkan pemaparan tersebut pemberdayaan ini difokuskan padapelatihan menulis cerita dan bercerita untuk guru PAUD. Metode pelaksanaan programpemberdayaan Masyarakat meliputi: pendidikan masyarakat, difusi teknologi dan praktek langsung.Dampak dari kegiatan PPM ini adalah: 1) tercipta kesadaran masyarakat sasaran tentang pentingnyapendidikan anak usia dini, 2) peningkatan pengetahuan masyarakat dalam mengolah program anakusia dini, 3) masyarakat terampil membuat karya kreatif

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpmuad

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memiliki fokus pada hasil pengabdian dan pemberdayaan pada masyarakat, baik itu pengabdian dosen maupun KKN oleh mahasiswa. Selanjutnya, cakupan jurnalnya bisa dari berbagai bidang keilmuan, yang dapat memberikan banyak manfaat buat ...