Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 4, No 2 (2021): Desember

PENGARUH MEDIA VLOG DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN

Istikomah Istikomah (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)
Umi Faizah (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

 Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami penurunan nilai dimana 70% peserta didik tidak tuntas KKM. Sejak Pandemi covid 19 pembelajaran berlangsung secara daring. Pembelajaran daring yang tidak efektif membuat hasil belajar turun. Salah satu sebabnya tidak menariknya proses pembelajaran IPA secara daring. Maka dibutuhkan solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan media Vlog. Media Vlog berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi Hubungan Gaya dan Gerak pada peserta didik SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo hal ini didapatkan dari hasil pos-test kelas kontrol sebesar 60,2 dan pada hasil post-test kelas eksperimen sebesar 71,1. Dari data tersebut terdapat selisih hasil belajar dalam bentuk rerata sebesar 10,9. Keefektifan media Vlog pembelajaran IPA melalui hasil perhitungan dari uji independent sampel t-test post test terdapat nilai sig (2-tailed) sebesar 0,008 dengan rerata asumsi sebesar 109.35714. terbukti efektif secara signifikan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi Hubungan Gaya dan Gerak kelas IV SDIT Salsabila Pandowoharjo Sleman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...