Lembaga pendidikan menjadi basis perawatan nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini difokuskan pada dua tujuan pokok, yaitu (1) mendeskripsikan nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Ternate? dan (2) mendapatkan gambaran yang jelas tentang upaya para guru mengatasi hambatan dalam penanaman nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Ternate?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui obseravsi, wawancara mendalam dan mengadakan diskusi (Forum Group Discusion/FGD. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implemntasi nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Ternate, sebagaimana yang telah diterapkan di sekolah yaitu peserta didik melakukan Sholat Dhuha dan membaca surah Asmaul Khusna secara bersama pada setiap pagi awal pembelajaran di sekolah. Selain itu, sikap disiplin, tolong menolong, kerjasama dan tanggung jawab dan (2) upaya guru mengatasi hambatan dalam penanaman nilai-nilai sosial untuk membentuk karakter peserta didik SMP Negeri Kota Ternate adalah para guru yaitu : merancang strategi pembelajaran yang mengandung nilai-nilai karakter, menanamkan sikap yang baik secara rutin baik pada saat di dalam kelas maupun diluar kelas, cara bertoleransi dengan sesama teman, tolong menolong, disiplin, bersikap jujur, perilaku tertib, memberikan tugas dan meminta peserta didik untuk mengajarkan tugas sendiri di kelas, memberikan layanan khusus sehingga dapat menimbulkan efek jera serta menyampaikan cerita-cerita rakyat yang mengandung nilai moral dan kejujuran.
Copyrights © 2021