Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education

Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar

Iis Endelta (Universitas Jambi)
Faizal Chan (Universitas Jambi)
Violita Zahyuni (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat strategi guru dalam menanamkan karakter peduli sosial pada pembelajaran tatap muka terbatas disekolah dasar. Artikel ini dilatarbelakangi oleh menurunnya rasa empati terhadap orang lain, seperti bersikap egois, acuh tak acuh terhadap teman, tawuran antar siswa, dan kurangnya minat membantu teman yang kurang pandai. Oleh karena itu guru harus mempunyai srategi baru dalam menanamkan karakter peduli sosial kepada peserta didik pada pembelajaran tatap muka terbatas. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru kelas VIC SDN 55/I Sridadi. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi data. Hasil Penelitian ditemukan bahwa strategi guru dalam menanamkan karakter peduli sosial pada pembelajaran tatap muka terbatas disekolah dasar yaitu pola pembiasaan, keteladanan, penguatan, teguran, dan pengkondisian lingkungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...