SEINASI-KESI
Vol 4, No 1 (2021): SEINASI-KESI 2021

EVALUASI KUALITAS LAYANAN HALAMAN TANGGAP DARURAT BENCANA PADA WEBSITE PUSFATJA LAPAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Khotimah, Siti Khusnul (Unknown)
Ramadhani, Nadya (Unknown)
Krisnanik, Erly (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (PUSFATJA) LAPAN merupakan lembaga pemerintahan non-kementerian yang menyediakan berbagai informasi mengenai inderaja bagi masyarakat. Informasi yang diberikan kepada masyarakat disajikan dalam website Pusfatja LAPAN yaitu halaman tanggap darurat bencana. Pada website Pusfatja LAPAN halaman tanggap darurat bencana memberikan informasi mengenai bencana yang terjadi di wilayah Indonesia berupa data pemantauan dari satelit. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan analisis kualitas layanan serta pengujian usability terhadap halaman tanggap darurat bencana pada website Pusfatja Lapan dengan metode Webqual 4.0 yang di analisis secara deskriptif menggunakan lima dimensi kualitas usability yaitu learnability, .efficiency, error, memorability, dan satisfacttion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,798 dengan dimensi satisfaction memiliki nilai presentase lebih tinggi sebesar 66,67% dan dimensi yang nilai persentasenya kurang dari 50% yaitu dimensi learnability sebesar 48,66% dan error sebesar 41,33%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seinasikesi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEMINAR NASIONAL INFORMATIKA , SISTEM INFORMASI DAN KEAMANAN SIBER (SEINASI-KESI 2018) Diselengggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (FIK-UPNVJ). ...