Hipotenusa : Journal of Mathematical Society
Vol 1, No 2 (2019)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LINGKUNGAN NYATA

Siti Norhidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Di latar belakangi oleh permasalahan bahwa pengajaran matematika cenderung  membosankan karena pelajaran matematika dianggap hanya mempelajari hal-hal abstrak dengan sederet angka-angka yang dipelajari monoton hanya di dalam kelas. Sudah saatnya pembelajaran matematika dikondisikan dengan lebih menyenangkan, tanpa keterpaksaan dan tentunya tanpa mengabaikan kebermaknaannya. Pemanfaatan lingkungan sebagai media nyata dalam proses pembelajaran matematika tentulah sangat menarik. Hal ini akan lebih efektif jika dimulai dengan membiasakan mahasiswa sebagai calon guru agar berpikir lebih kreatif untuk mengkondisikan lingkungan sekitar baik sebagai sarana, media, bahkan sebagai sumber masalah yang menarik untuk dipecahkan bersama.  Banyak obyek nyata di lingkungan sekitar yang bisa diamati secara langsung dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep matematika.Dengan memanfaatkan lingkungan, mahasiswa akan terbiasa belajar untuk lebih aktif dalam mengembangkan keterampilan berinteraksi dengan lingkungan, mengeksplorasi kemampuan matematisnya, berdiskusi dan menentukan solusi dari permasalahan nyata yang ada di lingkungan sekitarnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

hipotenusa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Realistic Mathematics Education (RME) is a teaching and learning theory in mathematics education that was first introduced and developed by Freudenthal. Two of his important points of view are mathematics must be connected to reality and mathematics as a human activity. RME is implemented following ...