JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol. 3 No. 2 (2021): JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika, Edisi November 2021

Analisis Keberhasilan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 menggunakan Algoritma C4.5 dan Naive Bayes

Irma Agustika Sihombing (STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Sumatera Utara)
Dedy Hartama (STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Sumatera Utara)
Iin Parlina (AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar, Sumatera Utara)
Indra Gunawan (STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Sumatera Utara)
Ika Okta Kirana (STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2021

Abstract

Strategi melawan pandemi dengan pembatasan sosial memaksa semua institusi pendidikan menerapkan pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang awalnya sebagai strategi menjadi kontroversi karena singkatnya proses adaptasi. Perubahan mendadak dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring pada skala besar menyebabkan respon di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Algoritma C4.5 dan Naïve Bayes pada masa pandemi COVID-19 di SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar. Data yang diperoleh dari penelitian ini diperoleh dari Sekolah SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar. Berdasarkan hasil pengujian Didalam mata pelajaran Adaptif terdapat Perfomance atau tingkat Akurasi untuk Algoritma C4.5 sebanyak 98% dan Algoritma Naïve Bayes sebanyak 99%. Sehingga Algoritma Naïve Bayes lebih baik digunakan untuk memperoleh hasil dari Analisis Keberhasilan Pembelajaran Daring di masa Pandemi COVID-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JUKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika (e-ISSN: 2722-4368) berfokus pada keilmuan yang ada tentang Komputer dan Informatika, yaitu Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan & Multimedia, Teknologi Web & Mobile, serta kecerdasan Buatan & game. Akan tetapi JUKI juga tidak membatasi terhadap ...