Bulletin of Pedagogical Research
Vol 1 No 1 (2021): Bulletin of Pedagogical Research

The Problems of Islamic Education Learning at Islamic Vocational High School Raden Fatah Tugumulyo, South Sumatra

Ari Setiyanto (Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro Lampung, Indonesia)
Subandi Subandi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Andi Setiawan (SMP IT Wahdatul Ummah Metro, Indonesia, Indonesia)
M. Kharis Fadillah (Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2021

Abstract

Problematika pembelajaran PAI di SMK Islam Raden Fatah Tugu Mulyo Sumatera Selatan dominan terhadap tiga aspek masalah yaitu : Minat belajar yaitu; Peserta didik bolos belajar, tidak masuk kelas tanpa keterangan, tidak mengerjakan tugas baik, Mencontek, Malas-malasan, peserta didik malas mengikuti kegiatan keagamaan, terlambat masuk kelas, kurang aktif dalam mengeluarkan pendapat dan jarang bertanya, dan akhlak yang tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika pembelajaran PAI di SMK Islam Raden Fatah Tugu Mulyo Sumatera Selatan, faktor-faktor yang mempengaruhi problematika pembelajaran PAI di SMK Islam Raden Fatah Tugu Mulyo Sumatera Selatan dan menganalisis solusi problematika pembelajaran PAI di SMK Islam Raden Fatah Tugu Mulyo Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penelitian ini mendeskripsikan data informasi yang berdasarkan fkta yang diperoleh dari lapangan. Penelitian ini mengkaji bentuk, aktivitas, karakteristik, peribahan, hubungan, kesamaan dan perbedaannya dengan fenomena lain. Deskriptip dalam penelitian ini digunakan untuk mengembangkan teori yang dibangun melalui data yang diperoleh di lapangan.. Beberapa solusi yang dilakukan untuk memecahkan problem yang terjadi di SMK Islam Raden Fatah, yaitu; melakukan bimbingan dan arahan agar selalu menjaga semangat dalam belajar kepada peserta didik oleh kepala sekolah, waka kesiswaan, dan guru. menambahkan tentang pentingnya nilai-nillai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, meningkatkan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam , memberikan layanan terbaik, dan mengaktifkan dan memperbaiki hubungan masyarakat melalui rapat guru dan orang tua, home visit, kunjungan orang tua ke sekolah, pemanggilan orang tua, dan sharing perkembangan peserta didik melalui media tekhnologi. Kata Kunci: Problematkan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Faktor Problematkan Pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bpr

Publisher

Subject

Education

Description

The mission of the Bulletin of Pedagogical Research is to serve as a research forum for a diverse group of scholars who are invested in the preparation and continued support of teachers and who can have a significant voice in discussions and decision-making around issues of teacher education. One of ...