Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, control dan evaluasi tenaga pendidik di SD IT Ar-Ridha Pantai Cermin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskiriftif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, dewan guru dan staf, wali murid SD IT Ar-Ridha Pantai Cermin. Hasil penelitian, perencanaan tenaga pendidik dilakukan dengan baik seperti ratio guru dan siswa (2/22) sangatlah relevan dalam proses belajar dan mengajar. Simpulan dalam penelitian ini, yakni 1), perencanaan tenaga pendidik SD IT Ar-Ridha Pantai Cermin berjalan dengan baik yakni merekrut tenaga pendidik dengan menyeleksi administrasi berkas lamaran pekerjaan dan tes kemampuan baca al-Qur’an serta tes micro teaching, 2) pelaksananaan tenaga pendidik melalui pembinaan dari yayasan dua kali sebulan, pelatihan kurikulum 2013 dan seminar pengembangan mutu guru, 3) kepala sekolah mengontrol tenaga pendidik dengan cara berkeliling ke ruang belajar selama proses pembelajaran berlangsung, memeriksa absensi tenaga pendidik melalui finger print, dan jurnal pembelajaran di dalam kelas, 4) kepala sekolah menggunakan angket, kemudian disebarkan kepada siswa sehingga masukkan-masukkan mengenai tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya dapat diketahui dan dilakukan pembinaan oleh kepala sekolah.
Copyrights © 2021