cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jalan Syekh M. Yusuf No.24 Tanjung Pura Langkat 20853 Sumatera Utara
Location
Kab. langkat,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Iqtirahaat
ISSN : 25979965     EISSN : 27766462     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Iqtirahaat ini merupakan jurnal yang berisi tentang hasil penelitian-penelitian ataupun hasil kajian teoritis oleh para pendidik dan dosen. Hasil kajian yang akan dipublis berupa Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi para pendidik dan dosen untuk dapat mengembangkan kompetensi profesionalisme sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Penerbitan jurnal ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 tahun (Bulan Juni dan Desember).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 41 Documents
MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR-RIDHA PANTAI CERMIN Muamar Al Qadri
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 1 Juni 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.555 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, control dan evaluasi tenaga pendidik di SD IT Ar-Ridha Pantai Cermin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskiriftif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, dewan guru dan staf, wali murid SD IT Ar-Ridha Pantai Cermin. Hasil penelitian, perencanaan tenaga pendidik dilakukan dengan baik seperti ratio guru dan siswa (2/22) sangatlah relevan dalam proses belajar dan mengajar. Simpulan dalam penelitian ini, yakni 1), perencanaan tenaga pendidik SD IT Ar-Ridha Pantai Cermin berjalan dengan baik yakni merekrut tenaga pendidik dengan menyeleksi administrasi berkas lamaran pekerjaan dan tes kemampuan baca al-Qur’an serta tes micro teaching, 2) pelaksananaan tenaga pendidik melalui pembinaan dari yayasan dua kali sebulan, pelatihan kurikulum 2013 dan seminar pengembangan mutu guru, 3) kepala sekolah mengontrol tenaga pendidik dengan cara berkeliling ke ruang belajar selama proses pembelajaran berlangsung, memeriksa absensi tenaga pendidik melalui finger print, dan jurnal pembelajaran di dalam kelas, 4) kepala sekolah menggunakan angket, kemudian disebarkan kepada siswa sehingga masukkan-masukkan mengenai tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya dapat diketahui dan dilakukan pembinaan oleh kepala sekolah.
PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA ERA PANDEMI COVID-19 SERTA SOLUSINNYA Ahmad Muhajir Muslimah
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 1 Juni 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.761 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i1.18

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi permasalahan belajar online serta mencari tahu bagaimana solusinya. Penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan sumber data berupa sumber-sumber literatur yang relevan dengan masalah penelitian berupa buku teks, jurnal ilmiah, e-book, dan sumber yang berkenaan dengan pembelajaran online. Temuan penelitian didapatkan bahwa terdapat beragam masalah bagi pendidik yaitu kurang penguasaan teknologi dan kurangnya pengawasan kepada peserta didik; sedangkan pada peserta didik yaitu kurang aktif, tidak semua memiliki media online dan akses jaringan internet; dari pihak orang tua merasakan kurangnya waktu mendampingi anak dalam pembelajaran online selama di rumah. Masalah tersebut bisa diatasi dengan meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi, melibatkan orang tua dalam pengawasan belajar anak, serta memberikan penugasan yang tidak memberatkan peserta didik.
TRANSPLANTASI ORGAN TUBUH DALAM PANDANGAN ULAMA SUMATERA UTARA Alang Sidiek
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 1 Juni 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.953 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i1.22

Abstract

Transplantasi organ dan jaringan tubuh manusia merupakan tindakan medis yang sangat bermanfaat bagi pasien dengan gangguan fungsi organ tubuh yang berat. Ini adalah terapi pengganti (alternatif) yang merupakan upaya terbaik untuk menolong pasien dengan kegagalan organnya. Dewasa ini dunia kedokteran terus berkembang dengan penemuannya yang baru pula, dan walaupun pada masa sekarang ini pelaksanaan pencangkokan organ tubuh banyak dilakukan, namun tindakan medis seperti ini tidak serta merta dapat dilakukan begitu saja, karena mesti mempertimbngkan faktor non medis yaitu dari segi agama, hukum, budaya, etika dan moral. Secara umum pandangan Ulama Sumatera Utara Membolehkan pencangkokan organ tubuh jika didalamnya ada hajat yang mendesak( Urgen) dan dengan pertimbangan kerusakan yang lebih berat boleh dihilangkan dengan mendatangkan kerusakan yang lebih ringan. Dan tidak melenceng dari tujuan kemanusiaan serta menghindari kasus penyalahgunaan, distorsi pelacuran medis dan eksploitasi rendah yang menjadikannya komoditi dan ajang bisnis sehingga justru menampilkan perilaku tidak manusiawi.
STUDI GENDER DALAM ISLAM hayatun sabariah
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 1 Juni 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.018 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i1.24

Abstract

Studi gender lebih menekankan pada aspek maskulinitas (masculinity) atau feminitas (femininity) seseorang dan juga lebih banyak berkonsentrasi kepada aspek sosial, budaya, psikologis, dan aspek-aspek non biologis lainnya. Islam sebagai rahmatan lil alamiin rahmad untuk semua makhluk yang ada di muka bumi. Allah swt menciptakan manusia laki-laki dan perempuan. Islam tetap sama dalam memandang peranan laki-laki dan perempuan sebagai Abdullah dan tugas sebagai khalifah dimuka bumi. Peranan Islam mengubah harkat martabat perempuan yang dulu hanya di pandang sebelah mata dan tidak dapat kedudukan dalam berbagai sektor kehidupan. Banyak perbedaan pendapat untuk menjelaskan gender antara laki-laki dan perempuan. Banyak persefektif lebih memilukan gender dipandang berupa fisik bukan tugas yang teremban dan kesetaraan yang sama (manusia memiliki kedudukan yang sama). Al-Qur’an dan Hadis justru mengagungkan perempuan dari pada laki-laki. Bahkan secara jelas Al-Qur’an dan al-hadis memaparkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan adalah sama, perbedaan terletak pada sisi ketaqwaan.
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM JAM’IYAH MAHMUDIYAH Marhan Hasibuan
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 1 Juni 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.387 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i1.28

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of online learning in the system approach course in learning in the Covid-19 pandemic situation in the Islamic religious education study program of the Jam'iyah Mahmudiyah Islamic Religion College in Tanjung Pura. This research is also to evaluate the quality of online learning that has been implemented and as a material for developing an online learning system in the new normal era. The research method used is quantitative with a survey method. The number of samples in this study were 150 students. Retrieval of data using a survey method with a Likert scale. Data analysis by calculating the percentage of data on each indicator, then interpreted the data percentage score and analyzed descriptively on each indicator. The results showed that the effectiveness of online learning in the system approach course in learning in the Covid-19 pandemic situation in the Islamic religious education study program of the Jam'iyah Mahmudiyah Islamic School of Tanjung Pura reached 74% or was in the good category. The results of this study are also expected to become a reference in the development of online learning in tertiary institutions and as study material for further research related to the effectiveness of online learning.
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKNA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION Rani Febriyanni Radhiatun Mardhiah
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 1 Juni 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.316 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i1.29

Abstract

The purpose of this study was to determine the differences in students' mathematical problem-solving abilities taught by using the TGT and STAD cooperative learning models in the tangent circle material in class VIII MTs. Muallimin UNIVA Medan. This type of research is quantitative research, with the type of quasi-experimental research. The population is all students of class VIII MTs. Muallimin UNIVA Medan T.P 2015/2016. The sample in this study was class VIII-A and class VIII-B. Data collection techniques in the form of interviews, observation, documentation, and tests. Data analysis was performed with One Way Analysis of Variance (ANOVA). These findings indicate: 1) The mathematical problem solving abilities of students in class VIII A who are taught using the TGT cooperative learning model have fulfilled their mastery of learning in understanding problems, planning problem solving and implementing problem solving plans; 2) The mathematical problem solving abilities of students in class VIII B who are taught using the STAD cooperative learning model have fulfilled their mastery of learning in understanding the problem; 3) There are differences in students' mathematical problem solving abilities taught using the TGT cooperative learning model better than the STAD type in the tangent circle material in class VIII MTs. Muallimin UNIVA Medan.
POSITION OF SCHOOL SUPERVISOR OFFICES IN GOVERNMENT REGULATION NUMBER 57 OF 2021 Aspandi Aspandi
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.666 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.30

Abstract

The purpose of this study was to describe the position of school supervisors in PP 57/2021. Thus, the research question posed is how is the position of school supervisors in PP 57/2021? This study uses a qualitative approach with the type of literature study research. The primary data source in this study is Government Regulation number 57 of 2021. This study uses documentation techniques to collect data on the position of school supervisors in PP 57 of 2021. The results show that the position of school supervisors is not accommodated in PP 57 of 2021 concerning national standards. education. Thus, considering the position of school supervisors is very central in the education quality assurance system. So the position of school supervisor must remain and need to be re-stated in the revised Government Regulation 57 of 2021.
UPAYA MENINGKATKAN KELANCARAN MENGHAFAL AL QUR’AN PADA ANAKMENGGUNAKAN GAYA BELAJARAUDITORY DI PONDOK AL QUR’AN ZAINUDDIN TEMBUNG MEDAN Nazlia Ulfa, Pupu Muhidin, Sri Agustina
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.485 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.41

Abstract

Menghafal Al Quran untuk sebagian orang adalah sebuah cita-cita dan tujuan. Para penghafal Al Qur’an merupakan orang yang banyak mengorbankan waktu dan kesempatan akan urusan duniawi. Selain itu dalam kesehariannya para penghafal sebagian besar tidak lancar dalam menghafal. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian tentang kelancaran menghafal Al Qur’an yang rendahdi Pondok Pesantren Al Qur’an ZainuddinTembung Medan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif dan kuantitatif, Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Dengan subjek penelitian 20 orang siswa yang ada di pondok Pesantren Al Qur’an Zainuddin Tembung Medan.Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan meningkatkan kelancaran hafalan Al Qur’an pada anak di Pondok Pesantren AlQur’an Zainuddin Tembung Medan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan diterapkannya gaya belajar Auditory di Pondok Pesantren AlQur’an Zainuddin Tembung Medan dapat meningkatkan kelancaran menghafal Al Qur’an pada anak didik di pondok tersebut.
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERKONSEP TAZKIYATUN NAFS MENURUT Q.S ASY-SYAMS Elfidayanti, Nurmisda Ramyani
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.775 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.61

Abstract

Tujuannya adalah untuk mengatur dan mendidik anak - anak dari tingkat yang rendah pada tingkat yang lebih tinggi dalam akhlak, budi pekerti, kepribadian dan moralitas karakter. Alqur’an memberitahu manusia untuk mengamati dan mensucikan jiwa mereka. Dengan upaya menafsirkan Alqur’an untuk mengetahui dan menafsirkan isi kandungan nya yang kehendaki Allah SWT. Masalah ini di bahas melalui kepustakaan ( Library research) b Sumber utama data adalah Alqur’an, Tafsir Ibnu Katsir, al Misbah, Fizailalil Alqur’an, Al Maraghi dan data sekunder semua buku didukung oleh data primer. Dalam penelitian ini, menemukan hasil dalam Q.S Asy-Syams ayat 7-10,yaitu dengan jiwa yang sempurna dari ciptaan- Nya, Allah memberi inspirasi kepada jalan Jiwa dengan taqwa dan orang fasik, sesungguhnya beruntung orang yang memurnikan jiwanya dan membesarkan orang yang menegakkan mereka. Sehingga menjadikan suatu rancangan perubahan dan kecerdasan siswa, konsep insan taqwa, serta konsep penigkatan kulitas diri. Dilihat dari kesimpulan yang diambil pendidikan karakter memiliki perubahan dalam kebaikan pada siswa dari segi regiliusitas, spritualitas dan intelektualitas. Konsep tazkiyatun nafs implikasinya untuk materi pendidikan karakter adalah suatu proses penyucian pengembangan jiwa menuju proses pertumbuhan, pengembangan dan pembinaan Akhlakul karimah di diri dan kehidupan seseorang anak manusia yang seimbang jasmani dan rohani, pendidikan karakter anak usia dini merupakan prinsip pendidikan manusia seutuhnya, dengan materi yang dapat mengabungkan antara iman, ilmu, dan amal sholeh dan membantu proses pembentukan kebiasaan positif. Dan akan terciptalah tujuan pendidikan karakter anak usia dini kesempurnaan insani.
KREATIVITAS GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS DI KELAS VII MTS TARBIYAH WALADIYAH PULAU BANYAK Zaifatur Ridha; Muhammad Saleh; Julia Satifa
Jurnal Iqtirahaat Volume 5 No 2 Desember 2021
Publisher : STAI Jama'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.253 KB) | DOI: 10.56446/ji.v5i2.62

Abstract

Permasalah yang ditemukan atau latar belakang masalah penelitian yaitu proses belajar dan mengajar di madrasah, guru bidang studi Al-qur’an hadis belum melibatkan siswa secara langsung dengan aplikasi Al-qur’an digital dari materi bidang studi Al-qur’an hadis yang diajarkan sehingga siswa belum terlatih dalam menyelesaikan berbagai masalah bidang studi Al-qur’an hadis dan belum tersedianya media yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar Al-qur’an Hadis di madrasah. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data penelitian dengan cara triangulasi sumber. Hasil Penelitian bahwa media Audio Visual berbasis Al-qur’an digital terhadap kemampuan nalar siswa pada konsep memahami dan menghafal ayat Al-qur’an oleh siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak yang signifikan yaitu penerapan model tersebut membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran. Peningkatan kemampuan nalar siswa pada indikator berpikir kreatif, berpikir luwes, berpikir original, dan berpikir merinci setelah diterapkan Media Audio Visual pada siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak. Aktivitas siswa saat diterapkan Media Audio Visual pada bidang studi Al-qur’an hadis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak yaitu siswa merespon dengan baik