Menyediakan Pelayanan Informasi Obat dengan kualitas yang baik agar tercapainya kepuasan pasien saat berobat adalah suatu strategi dan elemen krusial untuk kesuksesan jangka panjang suatu Rumah Sakit. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan informasi obat di RSI Samarinda, Mengukur kepuasan pasien ditinjau dari dimensi servqual, mengetahui hubungan antara kualitas Pelayanan Informasi Obat dengan kepuasan pasien dan mengetahui pengaruh karakteristik pasien. Jenis penelitian menggunakan pendekatan cross secsional menggunakan kuisioner dengan sampel 100 orang secara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Uji T-One Sample, Corelate Spearman-Rho untuk kepuasan pasien dan kualitas Pelayanan Informasi Obat, Analisis deskriftif pie chart untuk karakteristik pasien. Hasil penelitian rata-rata kualitas pelayanan informasi obat 70% pada kondisi baik dan kepuasan pasien 70% pada tingkatan memuaskan. Sampel didominasi oleh 68% wanita usia 25-34 tahun dengan tingkat pendidikan SMA. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas Pelayanan Informasi Obat dengan kepuasan pasien di rumah Sakit Islam Samarinda.
Copyrights © 2016