Jurnal Kajian Ilmiah
Vol. 21 No. 4 (2021): Edisi Khusus: Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Desember 2021)

Implementasi Kota Layak Anak Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kota Bekasi

Sarah Fitriya (Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Universitas Singaperbangsa Karawang)

Rahmat Hidayat (Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Universitas Singaperbangsa Karawang)

Mochamad Faizal Rizki (Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

High rates of abuse, whetever physcial, psycological or sexual, have come to the world’s attention because it violates the rights of the child which also brought human rights to got protection. With the introduction of the new order, we have no need such things as life itself. Where the school going to be a student expression space. The study used a qualitative approach with a type of descriptive research that described how to city’s child implemented process through a child-friendly school in Bekasi used three elements according to Ripley and Franklin. Policy result is realized the desired performance and impact.   Keywords: Child Friendly City, Child Violents, Child Protection, Child Friendly, Human Rights   Abstrak   Tingginya angka kekerasan terhadap anak baik fisik, psikis ataupun seksual belakangan menjadi perhatian dunia sebab hal tersebut telah melanggar hak anak yang juga membawa hak asasi manusia untuk mendapatkan perlindungan. Berangkat dari hal tersebut, adanya kebijakan Kota Layak Anak, Indonesia Layak Anak bahkan Dunia Layak Anak bertujuan untuk meminimalisir dan menghilangkan kasus kekerasan terhadap anak dengan menghadirkan kota yang menunjang tumbuh kembang anak sebagai generasi penerus yang membutuhkan pembentukan karakter tanpa menggunakan kekerasan melalui sekolah ramah anak. Dimana sekolah akan menjadi ruang ekspresi anak sebagai peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengen jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan bagaimana proses implementasi kota layak anak melalui program sekolah ramah anak di Kota Bekasi menggunakan 3 elemen menurut Ripley dan Franklin. Kebijakan menghasilkan terwujudnya kinerja dan dampak yang diinginkan.   Kata kunci: Hak Asasi, Kekerasan Anak, Kota Layak Anak, Perlindungan Anak, Ramah Anak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKI

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Ilmiah mempublikasikan artikel dengan Fokus dan Ruang Lingkup pada bidang ilmu yang telah dikaji secara empiris dan teori. Adapun Fokus dan Ruang Lingkup penelitian pada: 1. Ilmu Komputer 2. Ilmu Sosial 3. Ilmu Manajemen 4. Ilmu Hukum 5. Ilmu Komunikasi dan Humaniora 6. Ilmu Kimia 7. ...