Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2021): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Penggunaan QUIZIZZ Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Sekolah Dasar

Ade Irma Febriyanty (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)
Tri Suryaningsih (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)
Zikri Neni Iska (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan  Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas 6 SDN Semanan 08 Pagi Jakarta Barat pembelajaran matematika jarak jauh 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental (One Group Pretest-Posttest), dengan sampel 23 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket Motivasi Belajar dan soal Pretest-Posttest berupa pilihan ganda menggunakan Quizizz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) terdapat pengaruh antara penggunaan  Quizizz terhadap motivasi belajar matematika peserta didik SDN Semanan 08 Pagi Jakarta Barat, dengan hasil Uji Wilcoxon sebesar   2.336  > 1.96, dan nilai P-Value (0.019)  <  (0.05) dimana Ha diterima dan Ho ditolak. b) tidak terdapat pengaruh antara penggunaan  Quizizz terhadap hasil belajar matematika peserta didik SDN Semanan 08 Pagi Jakarta Barat, dengan hasil Uji Wilcoxon sebesar sebesar  0.890 (  (lebih kecil)  sebesar 1.96, dan nilai P-Value sebesar (0.373) lebih besar  . Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, ...