Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2021): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV pada Materi Pecahan

Tri Suryaningsih (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)
Maharani Ayu Astuti (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent posttest only group design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Az-Ziyadah dengan jumlah sampel 50 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan pengumpulan data menggunakan test Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan bentuk essay (posttest). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa yang pembelajarannya menggunakan model open ended lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional model direct instruction. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran matematika pada materi pecahan dengan menggunakan model Open Ended dapat berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, ...