Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2021): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar

Efektivitas Masalah Terbuka dalam Buku Dongeng Sainsmatika terhadap Perkembangan Kreativitas Matematika Siswa Sekolah Dasar

Agnes R Putri (Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung)
Ali Mustadi (Universitas Negeri Yogyakarta (UNY))



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Merangsang kreativitas matematika sangat penting bagi perkembangan kognitif siswa. Sayangnya, pendekatan kelas konvensional untuk merangsang kreativitas matematis siswa belum efektif secara memuaskan. Namun, pendekatan prospektif untuk merangsang kreativitas matematis dapat diterapkan melalui perangkat pengajaran yang mengintegrasikan masalah terbuka dengan hal-hal menarik, seperti melibatkan siswa dalam suasana membaca cerita dongeng. Dalam penelitian ini, buku dongeng sainsmatika (Sainsmatika Fairy Book atau SFB) digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kreativitas matematika siswa. Sebuah desain eksperimen kelompok kontrol pretest-posttest digunakan untuk menyelidiki efektivitas SFB untuk mengembangkan kreativitas matematika siswa kelas empat. Peserta terdiri dari delapan puluh siswa kelas empat di salah satu kabupaten di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang dikumpulkan dari observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis statistik one-way ANOVA diperoleh bahwa perbandingan skor kreativitas matematis antara kelompok eksperimen 1 dan 2 = 0,961 > 0,05, kelompok eksperimen 2 dan 3 = 0,011 < 0,05, serta kelompok eksperimen 1 dan 3 0,024 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan SFB efektif secara signifikan untuk meningkatkan kreativitas matematis siswa.Kata Kunci: Masalah Terbuka, Buku Dongeng, Kreativitas Matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, ...