Menghafal Al-Qur`an merupakan salah satu usaha yang paling efektif dalam menjaga kemurnian Al-Qur`an al-Karim. Salah satu lembaga pendidikan yang mengajarkan Al-Qur`an di tingkat menengah adalah di SMP Jami’ah Batee Iliek. Dalam meningkatkan Hafalan Al-Qur`an Siswa Kelas 1 Menengah Pertama selalu diadakan komunikasi interpesonal guru dan siswa. Sehingga penulis tertarik ingin mengkaji tentang bagaimana bentuk komunikasi interpesonal guru dan siswa SMP Jami’ah Batee Iliek terhadap peningkatan hafalan Al-Qur`an siswa kelas 1 Menengah Pertama dan kendala apa yang menjadi penghambat komunikasi interpesonal guru dan siswa sekolah tersebut terhadap peningkatan hafalan Al-Qur`an para siswanya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk komunikasi interpesonal guru dan siswa Pesantren tersebut terhadap peningkatan hafalan Al-Qur`an siswa kelas 1 Menengah Pertama dan untuk mengetahui kendala yang menjadi penghambat komunikasi interpesonal guru dan siswa Pesantren tersebut terhadap peningkatan hafalan Al-Qur`an siswa kelas 1 Menengah Pertama. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, metode yang dilakukan secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa bentuk komunikasi interpesonal guru dan siswa SMP Jami’ah Batee Iliek terhadap peningkatan hafalan Al-Qur`an siswa kelas 1 Menengah Pertama adalah keterbukaan, sikap mendukung yaitu selalu memberikan dukungan kepada siswa, selalu bersikap positif, memiliki kepercayaan diri dalam mengajari siswa, manajemen interaksi dalam melakukan komunikasi interpesonal, dan melakukan pergaulan sosial dengan cara selalu membuat pendekatan dengan siwa. Adapun kendala yang menjadi penghambat komunikasi interpesonal guru dan siswa SMP Jami’ah Batee Iliek terhadap peningkatan hafalan Al-Qur`an siswa kelas 1 Menengah Pertama adalah (1) media yang tidak memadai, sehingga kadang-kadang guru dalam menyampaikan harus mengulang-ulang sampai beberapa kali baru bisa dipahami oleh siswa, (2) masih ada beberapa siswa yang masih belum dikenal oleh gurunya secara mendalam.
Copyrights © 2021