Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasanemosi, minat belajar, gaya kognitif, interaksi antara kecerdasanemosional dan minat belajar, interaksi antara minat belajar pelajaranmatematika dan gaya kognitif, interaksi antara kecerdasanemosional dan gaya kognitif, dan interaksi antara kecerdasanemosional, semangat belajar, dan gaya kognitif terhadap hasilbelajar siswa mata pelajaran matematika. Penelitian inimenggunakan pendekatan yang meliputi kajian dengan pendekatanex-post facto. Populasi penelitian adalah 95 kelas X siswadepartemen mode di sekolah kejuruan negeri di kabupatenJeneponto. Sampel diambil dengan mengidentifikasi gaya kognitifpenduduk terlebih dahulu, kemudian sampel yang dipilih adalahsiswa dengan gaya kognitif yang reflektif dan impulsif dengan 83siswa. Model yang dikembangkan terdiri dari sepuluh hipotesisdengan menggunakan analisis regresi bebas campuran dan analisisregresi variabel model interaksi dengan variabel campuran gratisyang menggunakan SPSS 20.0 untuk alat analisis. Hasil analisisinferensial menunjukkan bahwa prediksi garis regresi Y = -4,746 +0.112X1 + 0.511X2 -3.361X3 untuk analisis regresi tanpa interaksidan Y = -518,135 + 1.579X1 + 6.478X2 + 18.556X3 -0.018X1X2 -3.687X2X3 -0.076X1X3 dengan interaksi Model yangmenunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan minatbelajar matematika memberikan pengaruh terhadap hasil belajarsiswa pada tingkat signifikan.
Copyrights © 2020