cover
Contact Name
Muhammad Farid
Contact Email
mfarid01@yahoo.com
Phone
+6285234100084
Journal Mail Official
paradigmastkip@gmail.com
Editorial Address
Said Tjong Baadilla, No.1, Desa Nusantara, Kecamatan Banda Naira, Kabupaten Maluku Tengah
Location
Kab. maluku tengah,
Maluku
INDONESIA
Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
ISSN : 2549600X     EISSN : 28283384     DOI : -
Jurnal PARADIGMA mengedepankan telaah terpadu disiplin pendidikan, keguruan, dan ilmu-ilmu kemanusiaan secara luas. Publikasi tulisan dalam PARADIGMA ini dijalankan oleh para dosen dari tiga disiplin di STKIP Hatta-Sjahrir Banda Naira, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Matematika. Jurnal PARADIGMA juga menerima tulisan dari para pakar dan akademisi lain pada bidang keilmuan terkait. Terbit secara online dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan Oktober.
Articles 55 Documents
INTERFERENSI BAHASA ASING PADA BAHASA TUTUR MASYARAKAT BANDA NAIRA Mujiati La Saadi
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 2 No 1 (2016): PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.763 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk tujuan; (1) mengenal bentuk-bentukinterferensi bahasa asing terhadap bahasa tutur masyarakat BandaNaira; (2) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkanterjadinya interferensi tersebut? (3) Mengetahui pengaruh interferensibahasa asing bagi bahasa tutur masyarakat Banda Naira?Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Metodedeskriptif dilakukan melalui dua cara, yaitu cara simak dan caramencatat. Cara simak adalah cara menyadap pemakaian bahasaseseorang atau beberapa orang. Sementara cara mencatat adalah caramenjaring data dengan mencatat hasil penyimakan pada suatu datatertentu. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik ganti danteknik perluas. Teknik ganti, yang biasa disebut pula dengan istilahteknik distribusi adalah mengganti satuan kebahasaan tertentu didalam suatu konstruksi dengan satuan kebahasaan yang lain di luarkonstruksi yang bersangkutan.Melalui penelitian ini diharapkan dapatmemberikan manfaat teoretis dan praksis. Manfaat teoretis yaitumenjadi referensi awal mengenai penelitian bidang linguistik lainnya,khususnya kajian sosiolinguistik. Selain itu, juga dapat memperkayapengetahuan kebahasaan, khususnya mengenai interferensi bahasa,dalam hal ini interferensi bahasa asing kedalam bahasa daerah.Adapunmanfaat praktis adalah, penelitian ini diharapkan menjadi pemahamanbagi generasi muda, untuk lebih mengenal jati diri, menghargai bahasasendiri, dan menggunakannya dengan baik dan benar.
DAMPAK KEBERADAAN DERMAGA LAMANE TERHADAP KONDISI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DI BANDA NAIRA Najirah Amsi
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 2 No 1 (2016): PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.704 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan jenisaktivitas kapal dan pelayanan yang terjadi di Dermaga Lamane danmenjelaskan dampak serta respon masyarakat Banda terhadapkeberadaan Dermaga Lamane. Sementara manfaat yang diperoleh daripenelitian ini adalah dapat menjadi bahan informasi dan pertimbanganbagi pemerintah dalam mengambil kebijakan pengelolaan dermagayang lebih baik.Metode penelitian yang digunakan terdiri dari empatlangkah yaitu pertama, heuristik (pengumpulan sumber); kedua, kritik(interen dan ekstern); ketiga, interpretasi (penafsiran) dan; keempat,historiografi (penyajian).Tanggapan masyarakat cukup beragam ataskehadiran dermaga lamane di BandaNaira tapi umunya para informansependapat bahwa Dermaga Lamane bermanfaat bagimasyarakat.Misalnya membantu angkutan transportasi antarpulau danmemperlancarhubungan ekonomi dan pemerintahan.
PENGEMBANGAN LINGUISTIK KE MASA DEPAN TELAAH HUBUNGAN BAHASA, PENGETAHUAN, DAN LINGKUNGAN (Sebuah Pendekatan Ekolinguistik) Kasmawati
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 2 No 1 (2016): PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.332 KB)

Abstract

Tulisan ini berlatarbelakang kekhawatiran akan punahnyakeanekaragaman linguistik, budaya, dan lingkungan yangdiakibatkan proses sosio-ekonomi global sekarang ini. Ancamankepunahan bahasa-bahasa lokal akan mengancam pula kepunahankebijakan, kultur, pengetahuan local, dan pandangan hiduppenuturnya. Resiko yang tinggi adalah kepunahan pengetahuanlingkungan lokal tradisional/etnoekologis, seperti klasifikasipengetahuan lingkungan lokal dalam pemanfaatan alam olehmasyarakat lokal, konsep-konsep ekologis dan pengelolaan sumberdaya alam serta praktiknya secara alami dan mendalam olehmasyarakat lokal. Tulisan ini memberi perspektif jalan keluar untukmengatasi problema di atas yakni model Posey „subject-mattermodel’ yang terangkum dalam Malfi (2001) untuk penelitian diwilayah berskala kecil; penelitian untuk melihat keterkaitan antarakeragaman bio-kultural dengan aspek linguistik yangmenghubungkan bahasa, pengetahuan, dan lingkungan. Yang jadipertimbangan utama dan dipertanyakan adalah kalau linguistikberperan kunci dalam hubungan antara pengetahuan, budaya, danlingkungan mengapa kemudian linguistik tidak bisa berbuat banyakuntuk mengakui mata rantai ini dan melakukan tugas untukmengkodekan pengetahuan budaya ini?
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI DI KABUPATEN JENEPONTO Ernawati
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 2 No 1 (2016): PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.232 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasanemosi, minat belajar, gaya kognitif, interaksi antara kecerdasanemosional dan minat belajar, interaksi antara minat belajar pelajaranmatematika dan gaya kognitif, interaksi antara kecerdasanemosional dan gaya kognitif, dan interaksi antara kecerdasanemosional, semangat belajar, dan gaya kognitif terhadap hasilbelajar siswa mata pelajaran matematika. Penelitian inimenggunakan pendekatan yang meliputi kajian dengan pendekatanex-post facto. Populasi penelitian adalah 95 kelas X siswadepartemen mode di sekolah kejuruan negeri di kabupatenJeneponto. Sampel diambil dengan mengidentifikasi gaya kognitifpenduduk terlebih dahulu, kemudian sampel yang dipilih adalahsiswa dengan gaya kognitif yang reflektif dan impulsif dengan 83siswa. Model yang dikembangkan terdiri dari sepuluh hipotesisdengan menggunakan analisis regresi bebas campuran dan analisisregresi variabel model interaksi dengan variabel campuran gratisyang menggunakan SPSS 20.0 untuk alat analisis. Hasil analisisinferensial menunjukkan bahwa prediksi garis regresi Y = -4,746 +0.112X1 + 0.511X2 -3.361X3 untuk analisis regresi tanpa interaksidan Y = -518,135 + 1.579X1 + 6.478X2 + 18.556X3 -0.018X1X2 -3.687X2X3 -0.076X1X3 dengan interaksi Model yangmenunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan minatbelajar matematika memberikan pengaruh terhadap hasil belajarsiswa pada tingkat signifikan.
STUDI MASYARAKAT BANDA NAIRA Sebuah Tinjauan Sosiologis-Antropologis Muhammad Farid; Najira Amsi
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 3 No 1 (2017): PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.945 KB)

Abstract

Masyarakat Banda bukan saja multi-etnis tapi juga multi-agama, yang telah menjadi fakta sejarah ber-abad-abad lamanya. Tercatat dalam sejarah para saudagar Arab telah ada di Banda sejak abad ke-13, sementara Cina telahberdagang dan menetap sejak abad ke-8 M. Meskipun plural secara etnis, masyarakat Banda memiliki kebudayaan yang cukup homogen, yakni suatu pola kebudayaan yang cenderung sama dan disepakati semua kelompok masyarakat.Diantara 7 kampung adat yang ada di Banda, hanya satu kampung adat yang menganut sistem patasiwa atau kelompok sembilan, sementara 6 lainnya menganut sistem patalima atau kelompok lima. Masyarakat Banda juga bercirikanmasyarakat terbuka (inklusif), yang tidak membeda-bedakan mana penduduk asli maupun pendatang. Di Banda, semua yang lahir di tanah mereka akan diakui sebagai bagian dari masyarakat Banda, tidak terkecuali etnis manapun di dunia. Akibat keterbukaan itupula, terciptalah masyarakat Banda yang sangat beragam latarbelakang marga atau fam, yang pada kelanjutannya menjadi pembeda diantara berbagai kelompok keluarga. Sebagai masyarakat terbuka, tantangan yangdihadapi masyarakat Banda di masa-masa mendatang tidaklah mudah. Pengaruh globalisasi membuat sendi-sendi bermasyarakat menjadi sangat rentan, bahkan nyaris hilang. Namun demikian, antusiasme masyarakat Banda terhadap tradisi itusendiri tampak tidak pernah surut. Mereka secara sukarela mau menghadiri setiap upacara adat yang ada di Banda tanpa harus diundang. Demikian halnya upacaraupacara keagamaan lainnya yang telah menyuguhkan sebuah realitas, betapa tingginya apresiasi masyarakat terhadap simbol-simbol keagamaan dan kebudayaan yang ada di Banda Naira.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI MELALUI METODE PETA KONSEP SIKLUS (CYCLE CONCEPT MAP) SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) SMK NEGERI 2 JENEPONTO Kasmawati
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 3 No 1 (2017): PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.632 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkasi; proses dan hasil penerapan “ Cycleconcep maping”, dalam menulis wacana argumentasi. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas (classroom action resarch) dan lokasi penelitian SMKNegeri 2 Jeneponto. Fokus penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa, dalamproses menulis wacana argumentasi melalui “Cycle concep maping”. Sumberdara dalam penelitian ini guru bahasa Indonesia dan siswa SMK Negeri 2Jeneponto kelas XI TKJ. Data penelitian berupa data pelaksanaan dan hasil.Insrumen penelitian soal uraian. Teknik pengumpulan data hasil obsevasi dan tes.Dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitiansiklus I dan siklus II menunjukkan penerapan “ Cycle concep maping”, dalammenulis wacana argumentasi siswa SMK Negeri 2 Jeneponto pengalamipeningkatan. Aktivitas guru dan siswa pada siklus satu berada pada kategorikurang. Sedangkan hasil penilaian pada siklus II dalam menulis wacanaargumentasi melalui “Cycle concep maping” pada siswa SMK Negeri 2Jeneponto kelas XI TKJ mengalami peningkatan yang signifikan. Karena hasilmenulis siswa pada siklus I diperoleh dengan jumlah rata-rata 63.62%, beradapada kategori kurang. Nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 42. Pada siklus II hasilmenulis berada pada kategori baik dengan jumlah rata-rata 89.69% dengan nilaitertinggi 100 dan nilai terendah 64. Dengan demikian penerapan “ Cycle concepmaping”, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar menulis wacanaargumentasi siswa SMK Negeri 2 Jeneponto.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING SETTING KOOPERATIF PADA SISWA KELAS XD SMA NEGERI 1 BATANG KABUPATEN JENEPONTO Ernawati
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 3 No 1 (2017): PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.951 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah tindakan kelas (class room action research) yang bertujuanuntuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika pada siswakelas XD SMA Negeri 1 Batang Kabupaten Jeneponto. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas XD SMA Negeri 1 Batang Kabupaten Jeneponto tahun ajaran2009/2010 sabanyak 40 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakantes hasil belajar dan observasi. Instrumen penelitian dibuat penulis bekerjasamadengan guru mata matematika kelas XD SMA Negeri 1 Batang KabupatenJeneponto. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisiskualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus Iterdapat 7 orang atau 17,5% berada pada kategori rendah, maka pada siklus IImenurun menjadi 0%. Selanjutnya pada siklus I terdapat 32 orang atau 80%berada dalam kategori sedang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi34 orang atau 85%. Sedangkan pada kategori tinggi pada siklus I terdapat 1 orangatau 2,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 6 orang atau 15%. Disamping itu,juga terjadi pula peningkata sikap siswa terhadap matematika seperti kerjasama /keterampilan sosial siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
CAMPUR KODE DIALEK BANDA TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA Mujiati La Saadi
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 3 No 1 (2017): PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.723 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bila seorang siswa yang menguasai lebih darisatu bahasa dan melakukan kontak komunikasi, maka peluang terjadinya campurkode sangat besar. Dalam penelitian ini mendeskripsikan bentuk-bentuk campurkode, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode, dan efek yangditimbulkannya dari adanya penggunaan campur kode dalam kegiatan belajarmengajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Banda. Penelitian ini menggunakanmetode deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metodeobservasi dan teknik simak-libat-cakap, serta teknik rekam kepada subjek dalamKBM. Analisis data yang digunakan adalah analisis teks dengan alur analisis:reduksi data, sajian data, dan kesimpulan dan verifikasi sampai pada penarikankesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk campur kode yangdominan digunakan siswa adalah bentuk kata. Faktor terjadinya campur kodedigunakan siswa adalah (1) faktor sosial dan (2) faktor situasi. Pada faktor sosialdikarenakan adanya maksud dan kebiasaan sedangkan faktor situasi dikarenakanadanya ruang kesantaian dan kondisi mental (emosi) siswa. Efek yangditimbulkan dari penggunaan campur kode dalam KBM adalah strukturkebahasaan Indonesia menjadi tidak baku dan tujuan pembelajaran BahasaIndonesia dalam kurikulum belum maksimal tercapai.
PROSESI DAN MAKNA TARIAN CAKALELE KAMPUNG ADAT RATU (DWIWARNA) KECAMATAN BANDA NEIRA NAJIRAH AMSI; RAFITA MUHAMAD
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 7 No 1 (2021): PARADIGMA (Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora)
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.889 KB)

Abstract

Kepulauan Banda yang dikenal sebagai negeri rempah menyimpan kekayaan alam dan budaya yang beragam. Keragamana Budaya dapat ditemukan disetiap desa atau negeri. Salah satu yang paling menarik adalah tarian cakalele Kampung Adat Ratu. Kampung adat ratu merupakan kampung adat yang berbeda dengan kampung adat lainnya, karena merupakan satu-satunya kampung adat yang menunjukkan kekuatan gander, yaitu Ratu (perempuan). Olehnya itu, penelitian ini hadir untuk menelaah prosesi cakalele dan makna Kampung Adat Ratu di Desa Dwiwarna, Kecematan Banda. Penelitian ini adalah penelitian deskritif kualitatif (penelitian secara alamiah) yang bertujuan untuk sebuah tinjauan historis tarian Cakalele Kampung Adat Ratu (Dwiwarna) Kecamatan Banda Naira. Subjek penelitian ini adalah para Informan yang mengetahui proses Tarian CakaleleKampung Adat Ratu (Dwiwarna) Banda Naira. Prosedur penelitian yaitu heoristik, kritik, interprestasi, dan histiografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini memilih informan yang dianggap dapat dipercaya serta paham dengan maksud permasalahan yang di teliti. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian dari historis tarian CakaleleKampung Adat Ratu (Dwiwarna) adalah tarian Cakalelemerupakan tarian perang. Pada umumnya di Kecamatan Banda adalah sebuah tarian yang bernuansa kepahlawanan, dari masing-masing Negeri Adat mempunyai Tarian Cakaleledan Tarian tersebut mempunyai berbagai model dan jenis dalam penampilannya itu berbeda-beda tetapi pada prinsipsinya sama yang membedakannya ialah dari gaya dan pertunjukkannya. Ada sebelas prosesi dalam Tarian CakaleleTarian Kampung Adat Ratu (Dwiwarna) yaitu rapat atau musyawara, putar tempat siri permisi, bawa tempat siri, persiapan alat, putar jaster/mahkota, potong bambu untuk gapura, putar tempat siri besar, potong bambu untuk Cakalele, buka puang, hari H dan tutup Kampung. Dengan sejarah Tarian CakaleleKampung Adat Ratu (Dwiwarna) Kecamatan Banda Naira: Sebuah Tinjauan Historis
ANALISIS HISTORIS DALAM LIRIK LAGU "KEMESRAAN" KARYA FRANKY SAHILATUA KASMAWATI; AGUNG PRAYOTO; AGUSSALIM ABDURRADJAK
PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 7 No 1 (2021): PARADIGMA (Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora)
Publisher : PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.538 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pendekatan Historis dalam Lirik Lagu Kemesraan Karya Fanky Sahilatua”, sehingga datanya meliputi biografi, kronologi hidup dan kesenimanan, latar belakang terciptanya lagu kemesraan dan perkembangan lagu kemesraan dari zaman ke zaman. Sehingga sumber data di dapat dari kaset CD Lagu Kemesraan, jurnal, buku-buku dan berbagai alamat di internet. Tekhnik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah tekhnik dokumentasi, karena tekhnik dokumentasi adalah tekhnik yang dilakukan untuk mencari data mengenai hal-hal variabel yang berupa catatan, buku-buku, majalah-majalah, surat kabar, dan lain-lain. Dalam penelitian ini tekhnik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dan pembahasan yang didapatkan dari penelitian ini dapat mengetahui secara terperinci tentang lirik dan lagu kemesraan adalah suara murni dari Fanky Sahilatua. Sehingga analisis historis adalah dua buah kata yakni kata analisis dan historis, memiliki makna dan pengertian yang berbeda-beda. Pengertian analisis sendiri adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan. Melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaanyang muncul.