Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol 3 No 1 (2017): PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING SETTING KOOPERATIF PADA SISWA KELAS XD SMA NEGERI 1 BATANG KABUPATEN JENEPONTO

Ernawati (STKIP Hatta Sjahrir)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini adalah tindakan kelas (class room action research) yang bertujuanuntuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika pada siswakelas XD SMA Negeri 1 Batang Kabupaten Jeneponto. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas XD SMA Negeri 1 Batang Kabupaten Jeneponto tahun ajaran2009/2010 sabanyak 40 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakantes hasil belajar dan observasi. Instrumen penelitian dibuat penulis bekerjasamadengan guru mata matematika kelas XD SMA Negeri 1 Batang KabupatenJeneponto. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisiskualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus Iterdapat 7 orang atau 17,5% berada pada kategori rendah, maka pada siklus IImenurun menjadi 0%. Selanjutnya pada siklus I terdapat 32 orang atau 80%berada dalam kategori sedang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi34 orang atau 85%. Sedangkan pada kategori tinggi pada siklus I terdapat 1 orangatau 2,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 6 orang atau 15%. Disamping itu,juga terjadi pula peningkata sikap siswa terhadap matematika seperti kerjasama /keterampilan sosial siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PARADIGMA mengedepankan telaah terpadu disiplin pendidikan, keguruan, dan ilmu-ilmu kemanusiaan secara luas. Publikasi tulisan dalam PARADIGMA ini dijalankan oleh para dosen dari tiga disiplin di STKIP Hatta-Sjahrir Banda Naira, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan ...