Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol 7 No 1 (2021): PARADIGMA (Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora)

ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 MALUKU TENGAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI DAN UPAYA REMEDIASI

SHAFRIATY KEPA (STKIP Hatta Sjahrir)
HARTATI RAMLI (STKIP Hatta Sjahrir)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Maluku Tengah dalam menyelesaikan soal limit fungsi trigonometri, (2) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut, dan (3) Mengetahui bagaimana pengaruh remedial dalam mengatasi kesalahan tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Maluku Tengahyang berjumlah 4 siswa.Berdasarkan hasil analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal limit fungsi trigonometri adalah kesalahan menggunakan definisi atau teorema dan penyelesaian yang tidak diperiksa kembali. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa salah dalam mengerjakan soal limit fungsi trigonometri adalah Siswa belum menguasai materi prasyarat yang memegang peranan penting dalam proses memahami konsep limit fungsi trigonometri, siswa tidak menghafal rumus dasar trigonometri sehingga merasa sulit dalam pengerjaan soal, siswa kurang memahami konsep dasar limit fungsi trigonometri, siswa bingung saat menentukan bagian soal mana yang harus diubah terlebih dahulu atau siswa bingung saat menjabarkan soal, siswa tidak tahu langkah yang harus digunakan dalam menyelesaikan masalah matematika, waktu yang digunakan guru dalam pengajaran di kelas terlalu sedikit sehingga siswa kurang latihan soal-soal pada saat proses belajar di kelas. (3) Setelah dilakukan perbandingan hasil tes diagnostik dan tes remedial siswa, dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan limit fungsi trigonometri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PARADIGMA mengedepankan telaah terpadu disiplin pendidikan, keguruan, dan ilmu-ilmu kemanusiaan secara luas. Publikasi tulisan dalam PARADIGMA ini dijalankan oleh para dosen dari tiga disiplin di STKIP Hatta-Sjahrir Banda Naira, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan ...