Penelitian ini mengkaji secara komprehensif mengenai peningkatan pemahaman konsep dan self efficacy siswa SMA pada materi fungsi eksponensial melalui strategi REACT. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang berbentuk The Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Kelas X diKecamatan Banda tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil bahwa: (1) Terdapat peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi REACT dengan indeks n-gain 0,82 (sangat tinggi). rata-rata nilai akhir pemahaman konsep 87,91 termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Selain itu, terdapat peningkatan self efficacy dari sedang ke sangat tinggi pada kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi REACT. Rata-rata skor self efficacy siswa meningkat dari 60,59 menjadi 91,25; (2) Terdapat peningkatan pemahaman konsep pada kelas control yang diajarkan pembelajaran konvensional dengan indeks gain 0,37 (sedang). Rata-rata nilai akhir pemahaman konsep 60,25 termasuk dalam kualifikasi cukup.untuk kelas kontrol, tidak terjadi peningkatan self efficacy dan tetap berada pada tingkatan sedang, dengan rata-rata skor 62,87 menjadi 61,98. (3). Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan self efficacy antara kelas eksperimen dengan kelas control secara signifikan, dibuktikan dengan hasil uji-t.
Copyrights © 2021