JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)
Vol 6, No 1 (2022): ReBorn - February 2022

Framework Kelas Virtual Berbasis Hologram Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar

Ari Cahyono (Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta)
Benedictus Herry Suharto (Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Teknologi hologram tiga-dimensi (H3D) dapat digunakan untuk meningkatkan perhatian anak di dalam kelas. Umumnya, anak memiliki rentang perhatian yang pendek dan mudah teralihkan, sehingga penting mengembangkan kemampuan perhatian mereka agar tetap fokus dan termotivasi. Penelitian bertujuan menghasilkan framework kelas virtual dengan dukungan  konten H3D. Framework IDEO Design Thinking digunakan sebagai pendekatan penyelesaian masalah. Pendekatan metaanalisis dan diskusi kelompok terarah digunakan dalam fase interpretation untuk menilai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perhatian anak, serta bagaimana membuat konten H3D yang tepat sebagai alat bantu belajar digital. Model framework kelas virtual berbasis H3D dikembangkan pada fase ideation dari hasil fase interpretation. Pada fase experimentation dan evolution ditemukan bahwa fitur-fitur kunci yang terindentifikasi mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Temuan ini kemudian dianalisis dan disimpulkan berdasarkan framework kelas virtual yang telah didesain. Simpulan menunjukkan bahwa fitur-fitur kunci yang diteliti harus ada dalam pengembangan konten H3D agar dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Hal ini memperlihatkan pula bahwa model framework yang didesain mampu mengakomodasi teknologi H3D bersama dengan elemen-element penting kelas virtual lain sebagai alat bantu pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiko

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer) is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat of Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM) Yogyakarta, Indonesia. First published in 2016 for a printed and online version. We receive original research ...