Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer
Vol. 2 No. 01 (2022): Artikel Riset Periode Februari 2022

Pengaruh Bimbingan Belajar (Les di Luar Sekolah) Pada Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIIII MTs Jabal Noer Geluran Sidoarjo

Aziza Anggi Maiyanti (Institut agama islam negeri kediri)
Ummiy Fauziah Laili (Institut Agama Islam Negeri Kediri)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian yang berfokus pada hasil belajar bidang studi IPA ini berujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari bimbingan belajar atau les yang diikuti beberapa siswa di suatu lembaga di luar jam sekolah pada hasil belajarnya di bidang studi IPA. Tindakan observasi penelitan dilakukan di MTs Jabal Noer Geluran Taman Kabupaten Sidoarjo yang menyasar pada kelas VIII tahun ajaran 2020-2021 alasan peneliti mengambil penelitian pada kelas VIII tahun ajaran 2020-2021 karena belum melaksanakan PTS ataupun ujian akhir semester. Dalam penelitain, peneliti mengggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi yang diambil dalam penelitian terkait adalah semua siswa kelas VIII MTs Jabal Noer Geluran. Data yang dikumpulkan peneliti untuk penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi berupa nilai siswa dan teknik wawancara bebas. Selanjutnya model analisis data yang dipakai oleh peneliti adalah statistik Tes "t". dari penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh les pada hasil belajar peserta didik dalam bidang studi IPA dan menunjukan adanya signifikansi nilai peserta didik yang mengikuti les dengan peserta didik yang tidak ikut les di luar jam sekolah. Hasil ini diperoleh setelah menghitung t hitung sebesar 2,23 dan membandungkannya dengan pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,069. Dengan pengajuan hipotesis tidak ada signifikansi nilai antara peserta didik yang ikut les dengan peserta didik yang tidak ikut les ditolak. Kata Kunci: Belajar, Bimbingan belajar, IPA, Prestasi belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer (JPSK) merupakan jurnal akses terbuka nasional yang meliputi hasil kajian ilmiah interdisipliner, orisinal dan diulas oleh mitra bestari yang kompeten di bidangnya. Lingkup jurnal ini meliputi pendidikan sains baik teori dan praktek dengan bidang ilmu pendidikan ...