Membahas masalah pendidikan tak ubahnya membicarakan generasi mendatang yang memerlukan kepedulian para pendidik. Jika demikian untuk mewujudkan manusia yang terdidik dan paripurna, diperlukan adanya usaha dan upaya yang serius agar tujuan pendidikan dapat terwujud, apalagi jika yang diajarkan menyangkut Akhlak. Secara sederhana untuk melihat sejauh mana keberhasilan proses belajar mengajar adalah dengan melihat hasil belajar peserta didik. Pendidik telah berupaya melakukan strategi dalam mengajar, namun hasil belajar masih terlihat rendah. Melihat kondisi tersebut, peneliti ingin menawarkan suatu metode inovatif yang diharapkan mampu membantu meningkatkan hasil belajar, yaitu MetodeTalking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan MetodeTalking Stick dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penerapan MetodeTalking Stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada setiap siklusnya. Padapra siklus masih terdapat 8 siswa yang belum tuntas dari 19 siswa dan siswi. Artinya nilai ketuntasannya masih 42,1% dan yang belum tuntas 57,9%.Pada siklus I masih terdapat 5 siswa yang belum tuntas dari 19 siswa dan siswi. Artinya nilai ketuntasannya masih 73,7% dan yang belum tuntas 26,3%. Pada siklus ke II dengan lebih fokus dalam menggunakan MetodeTalking Stick seluruh peserta didik mengalami ketuntasan 90%. Nilai ketuntasan ini dilihat dari batas minimal KKM75%
Copyrights © 2019