JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 3, No 2 (2017): JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP BAPTIS BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Desma Yulia (Unknown)
Helena Nadeak (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Guru Profesional terhadap Motivasi Siswa di Kelas VIII Bidang Ilmu Sosial di SMP Baptist Batam Tahun2013 / 2014." Penelitian ini dilakukan karena kurangnya guru profesional yang penting untuk mengendalikan kelas sebagai hasilnya. Itu mempengaruhi motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Guru Profesional terhadap Motivasi Siswa dalam Mata Pelajaran Ilmu Sosial di Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Batam tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP dengan menggunakan Baptist Batam di kelas VIIIB sebagai sampel melalui teknik simple random sampling. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian validitas dan reliabilitas. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji uji normalitas prasyarat, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Profesional berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal itu ditunjukkan sebagai koefisien korelasi sebesar0,540. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil t = 3.399 dan tabel = 2.048, t-test ternyata tableor3.399 2.048 maka Ho (hipotesis nol) ditolak sedangkan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Motivasi Siswa Guru Profesional di Kelas VIII Bidang Ilmu Sosial di Sekolah Menengah Pertama Batam tahun 2013/2014. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diperoleh faktor kontribusi guru Profesionalisme sebesar 29,217% terhadap motivasi belajar siswa dan sisanya 70,782% yang ditentukan oleh faktor lain.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

journalcahayapendidikan

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal Cahaya Pendidikan (JCP) adalah media publikasi ilmiah di bidang ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan secara umum. JCP bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian terkini atau inovasi baru di bidang pendidikan, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan. ...