Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal
Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi Juni 2021

Analisis SWOT Pemasaran Tabungan iB Melalui Mobile Banking Pada PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan

Sufi Syahara (Unknown)
Muslim Marpaung (Politeknik Negeri Medan)
Ismi Affandi (Politeknik Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

This research is about "Swot Analysis of IB Savings Marketing through Mobile Banking at PT Bank Sumut Syariah Medan Branch Office." In early 2020, the North Sumatra bank prepared e-channel services or mobile services to improve service and facilitate customer transactions. It turns out that there are still many customers who do not understand the ease of use of transacting using mobile banking. This can occur because of limited information that causes many customers do not know if there is a mobile banking feature at Bank Sumut. This study aims to determine how the marketing strategy at PT Bank Sumut Branch Syariah Medan in increasing the number of customers who use mobile banking product. The type of research used by researcher is field research (qualitative), namely field research used by interviewing, observing, and describing the facts that occur in the field by focusing on the results of the research data collected directly in the field from informants or predetermined sources. The results of the study used a descriptive SWOT analysis. Based on the results of research conducted by researcher that the strategy carried out by PT Bank Sumut Syariah Medan Branch Office states that the marketing mix strategy variable has a significant effect on customers who use the mobile banking application. Penelitian ini tentang “Analisis SWOT Pemasaran Tabungan IB Melalui Mobile Banking Pada PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan." Di awal tahun 2020 bank sumut mempersiapkan layanan e-channel atau layanan bersifat mobile demi peningkatan pelayanan dan memudahkan transaksi nasabah. Ternyata masih banyak nasabah yang belum paham akan kemudahan penggunaan bertransaksi menggunakan mobile banking. Hal tersebut dapat terjadi karena keterbatasan informasi yang menyebabkan banyak nasabah yang tidak tahu jika ada fitur mobile banking di Bank Sumut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran di PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan dalam meningkatkan jumlah nasabah yang menggunakan produk mobile banking. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah field research (kualitatif), yaitu penelitian lapangan yang digunakan dengan metode wawancara, observasi, serta menggambarkan fakta-fakta yang terjadi di lapangan dengan menitik beratkan pada hasil-hasil pengumpulan data yang didapatkan secara langsung dilapangan dari para informan ataupun narasumber yang telah ditentukan. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa strategi yang dilakukan oleh PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan menyatakan bahwa variabel strategi bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nasabah yang menggunakan aplikasi mobile banking.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Bilal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal ini merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel hasil penelitian atau literature review yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, praktisi pada bidang scope Ekonomi Syariah, Binis dan Kewirausahaan Islami, Muamalah, Filantropi, Keuangan dan ...