cover
Contact Name
Marlya Fatira AK
Contact Email
marlyafatira@polmed.ac.id
Phone
+6285261198881
Journal Mail Official
marlyafatira@polmed.ac.id
Editorial Address
Department of Accounting Faculty of Financial and Sharia Banking Politeknik Negeri Medan Jl. Almamater Kampus USU No. 01, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal
ISSN : -     EISSN : 27470830     DOI : https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2
Core Subject : Economy, Social,
Focus and Scope Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal ini merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel hasil penelitian atau literature review yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, praktisi pada bidang scope Ekonomi Syariah, Binis dan Kewirausahaan Islami, Muamalah, Filantropi, Keuangan dan Perbankan Syariah, Keuangan Mikro syariah dan Manajemen sumber daya insani.
Articles 30 Documents
PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PESANTREN DI BANK SYARIAH Nurbaiti; Supaino; Diena Fadhilah
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.987 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “pengaruh pengetahuan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah (studi kasus masyarakat pondok pesantren Ar-Raudhatul Hasanah)”. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat menabung sedangkan variabel independen terdiri dari pengetahuan, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 77 orang. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai data primer kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji simultan (F), uji determinasi, dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikan sebesar 5 persen (α=0,05) yang diolah dengan bantuan alat SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan Pengetahuan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah yang dilihat melalui uji statistik F dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.
PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PRODUK DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PENGGUNAAN SHOPEEPAYLATER Fany Fadhila; Azhar; Muslim Marpaung
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.151 KB)

Abstract

This research aim to explain the influence of religiosity, product knowledge and social factor on decision the user of shopeepaylater. The types of data is qualitative data, which is quantitative using a Likert scale. Data collection techniques through questionnaires distributed to 49 respondents. The analysis used in this research is multiple linear regression analysis, make a classic assumption experiment, correlation coefficient, determination test, statistical t-test and statistical F-test. The result showed that product knowledge and social factor partially have a positive, strong and significant effect on decision the user of shopeepaylater, while religiosity partially has a positive, strong and not significant effect on decision the user of shopeepaylater. The variable of religiosity, product knowledge and social factor simultaneously very strong, positive and significant on the decision of shopeepaylater with and effect of 85% and the rest 15% is influenced by the other variables outside of this research. Muslim people who use shopeepaylater are the majority of women with 18-24 years old, latest education is high school, employment status is students with an allowance of 1-3 million and monthly consumption is less than one million.
PENGARUH BAGI HASIL TERHADAP JUMLAH DANA DEPOSITO MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH PERIODE 2017-2019 Anggi Adelia Firdaus Lubis; Muhammad Zuhirsyan; Asmalidar
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.97 KB)

Abstract

Judul penelitian ini ialah pengaruh bagi hasil terhadap jumlah dana deposito mudharabah pada PT Bank BNI Syariah periode 2017-2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bagi hasil terhadap jumlah dana deposito mudharabah pada PT Bank BNI Syariah periode 2017-2019. Data penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi hasil memiliki pengaruh yang sangat rendah dan tidak signifikan terhadap jumlah dana deposito mudharabah pada PT Bank BNI Syariah periode 2017-2019.
STRATEGI PENINGKATAN “CASA” DALAM MENURUNKAN PRICING DANA DI BANK SYARIAH Jihan Khairunisa; Muslim Marpaung; Anriza Witi Nasution
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.816 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Peningkatan CASA dalam Menurunkan Biaya Dana di PT Bank Sumut Syariah”. Permasalahan muncul dimana sumber dana pihak ketiga perbankan syariah masih didominasi oleh dana mahal, yaitu deposito, dan ketertarikan masyarakat terhadap profit oriented mengakibatkan biaya dana yang ditanggung perbankan syariah relatif tinggi. Komposisi CASA PT Bank Sumut Syariah menunjukan adanya peningkatan setiap tahunnya dengan melakukan hard selling dan membuat program yang dapat menarik perhatian masyarakat. Dalam merumuskan strategi peningkatan CASA, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan menerapkan Analisis SWOT dengan memperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal. Analisis matrik IFAS diperoleh total nilai dari faktor internal adalah sebesar 3,1 dan dari matrik EFE diperoleh total nilai dari faktor internal sebesar 2,7. Dari evaluasi faktor internal dan eksternal dapat disimpulkan bahwa faktor internal lebih besar dan berada di kuadran 1 menunjukan situasi yang menguntungkan untuk melakukan kebijakan strategi yang agresif disaat keadaan global dikarenakan wabah pandemic dengan menjadikan ancaman sebagai peluang dalam menjalin kerjasama dengan industri perbankan dan fintech dalam penggunaan teknologi.
PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT IBU MUSLIM KOTA MEDAN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK MAKANAN HALAL Karina Chairunnisyah; Marlya Fatira AK; Hubbul Wathan
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.364 KB)

Abstract

Penelitian ini tentang “Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal.”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif yang di kuantitatif kan dengan menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang didistribusikan kepada 204 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi dan uji parsial (uji statistik t). Hasil penelitian ini menunjukkan Religiusitas secara parsial berpengaruh kuat, positif dan signifikan terhadap minat Ibu Muslim Kota Medan dalam mengkonsumsi produk makanan halal dengan nilai pengaruh sebesar 52,6% dan terbukti t hitung (2,162) lebih besar dari t tabel (1,9718) sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat Religiusitas maka semakin tinggi pula minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Ibu Muslim yang religius memiliki karakteristik mayoritas berusia 41-50 tahun yang berpendidikan S1, berstatus sebagai Ibu Rumah Tangga, memiliki pendapatan dan pengeluaran mayoritas sebesar >Rp 1.000.000 s/d Rp 5.000.000 dan memiliki tanggungan keluarga sebanyak 2 orang.
PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK PADA GENERASI MILENIAL MUSLIM DI POLMED Khairunnisa; Hubbul Wathan; Marlya Fatira AK
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.358 KB)

Abstract

Penelitian ini tentang “Pengaruh Religiusitas terhadap keputusan penggunaan uang elektronik pada generasi milenial muslim di Polmed”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Religiusitas secara parsial terhadap Keputusan penggunaan uang elektronik pada generasi milenial muslim di Polmed. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang didistribusikan kepada 70 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji statistik F, uji statistik t, koefisien korelasi dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Religiusitas secara parsial berpengaruh positif, lemah dan tidak signifikan terhadap keputusan generasi milenial muslim dalam menggunakan uang elektronik. Generasi milenial muslim yang religius memiliki karakteristik mayoritas perempuan berusia 23-24 tahun, kuliah pada semester 8 dengan pengeluaran per bulan 5 ratus ribu rupiah sampai 1 juta rupiah dengan mayoritas menggunakan uang elektronik OVO.
PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, MEDIA COMMUNICATION TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BNI SYARIAH MEDAN Annisa; Muhammad Zuhirsyan; Muslim Marpaung
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.918 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Media Communication Terhadap Minat Memilih Produk Bank BNI Syariah Cabang Medan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh brand awareness, brand image dan media communication terhadap minat memilih produk Bank BNI Syariah cabang Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji parsial (t), uji simultan (F), dan uji determinasi dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara variabel brand awareness, brand image, dan media communication terhadap minat memilih produk dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa media communication dan brand image dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 dan 0,007 menunjukkan bahwa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih produk, sedangkan brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat memilih produk dengan tingkat signifikan 0,137.
PENGARUH PENERAPAN SIFAT SHIDDIQ, AMANAH, FATHANAH DAN TABLIGH TERHADAP KEBERHASILAN USAHA ONLINE SHOP ASTRID MANZANI; Zulhendry; Diena Fadhilah
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi Juni 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.238 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh terhadap keberhasilan usaha online shop (studi kasus persepsi pelaku usaha muslim di Kota Medan). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keberhasilan usaha online shop, sedangkan variabel independen terdiri dari sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai data primer kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik, uji statistik t, uji statistik F, koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh secara parsial berpengaruh terhadap keberhasilan usaha online shop. Variabel sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha online shop (studi kasus persepsi pelaku usaha muslim di Kota Medan).
KONTRIBUSI PENGELOLA ZAKAT UMMAT TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DI KABUPATEN ACEH BARAT Dedi Sufriadi
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi Juni 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.857 KB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kontribusi pengelola Zakat Ummat pada pengembangan usaha mikro di Kecamatan Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Sumber data adalah data sekunder yang diperoleh dari kantor Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat dan Badan Pusat Statistik Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan model analisis kontribusi untuk mengetahui kontribusi Baitul Mal terhadap pengembangan usaha mikro di kecamatan Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat dari 2008 hingga 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi Baitul Mal pada pengembangan usaha mikro di Kecamatan Kota Meulaboh di 2008 hingga 2019 mengalami peningkatan yang signifikan antara 8,00 persen dan 12,04 persen, kontribusi terbesar terjadi di tahun 2017 sebesar 12.04 persen. sedangkan kontribusi terendah terjadi di tahun 2008 sebesar 8.00 persen. Kontribusi yang diberikan oleh Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat periode 2008 sampai 2019 hanya sekitar 9,82 persen sehingga memperlihatkan adanya kontribusi Baitul Mal terhadap tingkat perkembangan usaha mikro di Kecamatan Kota Meulaboh.
Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2014-2019 Mei Rustiyani
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 2 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.131 KB)

Abstract

ABSTRACK Sharia banks are expected to not only conduct business activities in accordance with sharia principles, but also be able to systematically disclose social responsibility in their annual reports. The purpose of this study is to analyze the influence of company size, profitability, sharia compliance, leverage and investment account holder. The population in this study were all sharia commercial banks that have been registered at OJK in Indonesia. The sample tested by 12 sharia commercial banks were selected using a purposive sampling method. The data collected in the form of annual report of sharia commercial banks from 2014 to 2019. The analytical method used in this research was descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis using Eviews 10 software. The result of study showed that size of company, profitability and investment account holder have a significant effect on the level of disclosure of Islamic Social Reporting. Meanwhile, sharia compliance and leverage do not have a significant effect of the level of disclosure of Islamic Social Reporting for sharia banks in Indonesia. Keywords: sharia banks, Islamic Social Reporting, Indonesia

Page 1 of 3 | Total Record : 30