Jurnal Iqtisaduna
Vol 5 No 1 (2019)

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBENTUKAN BUDAYA ORGANISASI DAN PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN KALA GROUP

Syamsul Rijal (Kalla Inti Group)
M. Nasir Hamzah (Universitas Muslim Indonesia)
Muslimin Kara (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muh. Sabri AR (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
M. Wahyuddin Abdullah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
28 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi dari nilai-nilai Islam dalam membentuk budaya organisasi dan pengukuran kinerja perusahaan Kalla Group. Untuk menganalisisnya digunakan metode Structural Equation Model (SEM) terhadao 143 orang sampel. Adapun hasil penelitian menemukan antara lain, pertama, nilai-nilai Islam telah terimplementasi dengan baik pada budaya organisasi perusahaan dalam lingkup Kalla Group. Kedua, nilai-nilai Islam yang terdiri atas siddiq, istiqamah, fathanah, amanah, dan tabligh tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja dalam penelitian ini. Ketiga, budaya organisasi perusahaan Kalla Group memiliki pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kinerja dalam penelitian ini. Keempat, budaya organisasi perusahaan dapat menjadi moderator dari nilai-nilai Islam untuk mempengaruhi kinerja.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Iqtisaduna

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

This study aims to determine the efforts of Islamic Financial Institutions in empowering SMEs, strategies and important roles carried out by LKS in order to empower SMEs through the provision of capital to be managed in business. The method used in this research is descriptive analysis method, a ...