Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah
Vol 5, No 1 (2022): Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah

Pertempuran Normandia dan Refleksinya Terhadap Kekuatan Militer Indonesia dalam Menghadapi Pertempuran Konvensional

Rachmatika, Anisa Nurur (Unknown)
Bangun, Ernalem (Unknown)
Wibowo, Agus (Unknown)
Waskito, Wasis (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Pertempuran di Normandia adalah satu peristiwa sejarah yang paling berpengaruh di dunia kemiliteran. Pihak Sekutu yang diwakili oleh Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada berhasil merebut pantai di wilayah Utara Perancis tersebut karena menerapkan strategi pertempuran yang baik. Kemenangan Sekutu atas Jerman menunjukkan bahwa pantai adalah wilayah yang paling mempengaruhi hasil akhir dari suatu pertempuran. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi perang yang dilancarkan oleh Sekutu dapat direfleksikan oleh kekuatan militer Indonesia sebagai negara kepulauan. Penelitian ini ditulis secara kualitatif dengan menggunakan metode konten analisis berdasarkan teori strategi pertempuran. Dari berbagai artikel yang terkait dapat digambarkan bahwa besarnya kuantitas dari kekuatan militer Sekutu adalah faktor yang paling mempengaruhi kemenangan. Dikaitkan dengan kondisi lingkungan strategis regional, penulis menyimpulkan bahwa Indonesia masih perlu berusaha untuk mengimbangi kekuatan militer negara besar pada masa damai yang sedang berlangsung dalam menghadapi pertempuran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

historia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Focus and Scope 1. Learning History at school 2. Learning History in college 3. History education curriculum 4. Historical material (local, national, and world history) 5. History of education 6. Historical material in social ...