Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 8, No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VIII 2020

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA SUBMATERI SPERMATOPHYTA DI SMAN 1 LHOKSEUMAWE

Kintan Reskyna (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Nursalmi Mahdi (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Eva Nauli Taib (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Kemandirian belajar merupakan sikap yang harus ditumbuhkan dalam diri siswa. Kemandirian belajar dapat ditumbuhkan melalui penerapan pendekatan yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya. Salah satu pendekatan yang dapat menumbuhkan kemandirian belajar adalah SAVI, namun SAVI belum pernah diterapkan pada materi Spermatophyta di SMAN 1 Lhokseumawe. Kurangnya kemandirian belajar mengakibatkan rendahnya kesadaran siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar secara optimal. Penelitian ini bertujuan membedakan kemandirian siswa melalui pendekatan SAVI pada materi Spermatophyta di SMAN 1 Lhokseumawe. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA SMAN 1 Lhokseumawe. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar kelas eksperimen pertemuan I mandiri dan pertemuan II sangat mandiri. Berdasarkan uji-t  kemandirian belajar pertemuan I pada α 0,05 didapatkan thitung>ttabel (4,609> 1,859), sedangkan pertemuan II didapatkan thitung> ttabel (5,492> 1,859) yang artinya terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa pada setiap pertemuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...