Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 8, No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VIII 2020

PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 5 KOTA BANDA ACEH

Cut Ratna Dewi (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia)
Abdullah Abdullah (Departemen Biologi Unsyiah, Banda Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media dan bahan ajar dalam pembelajaran dapat menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan modul pembelajaran pada materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 5 Kota Banda Aceh pada Bulan Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 105 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA3 dan XI MIA4 yang berjumlah 49 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode True Experiment dengan desain Pre-Test Post-Test Control Group Design.  Analisis data  menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ttabel = 2,02 dan thitung = 4,135 (sig. 0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran menggunakan modul dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...