Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 9, No 2 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK IX 2021

PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA SMP

Fakhri Yacob (Prodi Bimbingan Koseling FTK UIN Ar-Raniry)
Eriawati Eriawati (Prodi PBL FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Anggiyana Anggiyana (Prodi PBL FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui secara spesifik gambaran perkembangan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa sebagai akibat dari intervensi penerapan metode role playing dan media audio visual dalam pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Rancangan penelitian menggunakan desain quasi eksperiments, dimana siswa kelas VIII1  ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol pada SMP Negeri 8 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data mengguanakan KMBS (Kuesioner Motivasi Belajar Siswa) dan Paper-Pencil Test Materi SPMM (Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia) untuk Pre-Test dan Post Test. Teknik uji-t digunakan untuk menganalisis data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini melaporkan bahwa penggunaan metode role playing dan media audio visual cenderung dapat memotivasi belajar siswa dan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...