Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 5, No 1 (2017): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK V 2017

KARAKTERISTIK MORFOLOGI DAUN DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN SEBAGAI REFERENSI MORFOLOGI TUMBUHAN

Eriawati Eriawati (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Tumbuhan yang ditanam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan memiliki karakteristik morfologi daun yang berbeda-beda mulai dari permukaan daun, tulang daun, ujung daun, tepi daun, pangkal daun bahkan warna daun. Karakteristik morfologi daun merupakan salah satu sifat yang dimiliki daun dan dapat dilihat secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan dan karakteristik morfologi daun yang terdapat di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksplorasi yaitu dengan cara menjelajah dan mengamati secara langsung karakteristik morfologi daun di setiap lokasi penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jenis pohon yang terdapat di Gedung A, Gedung B, dan Gedung Microteaching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tumbuhan yang terdapat di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 27 jenis yang terdiri dari 16 familia yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dari permukaan daun, tulang daun, ujung daun, pangkal daun, tepi daun bahkan warna daun. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk buku saku sebagai referensi tambahan untuk media pengembangan praktikum Mata kuliah Morfologi Tumbuhan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...