Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 6, No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VI 2018

PEMBELAJARAN SISTEM INDERA BERBASIS QUR’ANI DENGAN MENGGUNAKAN BULLETIN BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI MIPA SMAN 5 BANDA ACEH

Tania Inora (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Nursalmi Mahdi (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Ismail Anshari (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Pembelajaran sistem indra SMA di Aceh yang mayoritas utama penduduknya adalah muslim disajikan terlepas dari ayat-ayat Al-Qur’an, serta hanya membahas teori saja tanpa mengambil hikmahnya, seperti pembelajaran sistem indra kelas XI MIPA SMAN 5 Banda Aceh, para siswa tidak tahu ayat-ayat apa saja yang berhubungan dengan materi sistem indra. Pembelajaran di SMA cenderung tidak terlalu mendalam kajian ilmu agamanya, namun demikian bukan berarti pembelajaran terpisah dari Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah respon dan hasil belajar siswa terhadap penggunaan media Bulletin Board pada materi Sistem Indra berbasis Qur’ani. Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas dan sampelnya adalah kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Pre Experimen dengan teknik pengumpulan datanya berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran berbasis Qur’ani dengan media Bulletin board tergolong dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 80% serta hasil belajar siswa terbukti meningkat dengan  thitung lebih besar daripada ttabel (thitung = 18,30 dan ttabel = 1,714).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...