Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 6, No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VI 2018

KEMAMPUAN GURU SMA/MA DALAM MENCARI DAN MEMBUAT KAJIAN TEORI (KAJIAN ANALISIS PADA KARYA TULIS ILMIAH GURU SMA, MA DAN SMK DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA)

Eva Nauli Taib (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Masri Masri (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Evinopita Taib (Guru SMK 4 Aceh Barat Daya)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Peningkatan kompetensi guru terutama kompetensi pedagogik dan profesional salah satunya dengan menulis karya ilmiah. Karya ilmiah yang dihasilkan tidak terlepas dari referensi yang dibaca sebagai penguatan ide/gagasan yang dikemukakan untuk pembelajaran yang berkualitas. Namun realita di lapangan banyak guru yang jarang membuat karya ilmiah karena kurangnya pemahaman guru dalam menulis karya ilmiah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan guru dalam mencari dan membuat kajian pustaka pada Karya Tulis Ilmiah Guru yang meliputi teori yang diungkapkan kesesuaian dengan judul, jenis literasi, keuptadetan literasi, serta jumlah literasi yang digunakan. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif. Menggunakan metode deskriptif analitis melalui analisis dokumen dan focus group discussion. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang telah menulis karya ilmiah sebagai bahan kenaikan pangkat diambil menggunakan teknik purposive sampling di SMA, MA, SMK di Kabupaten Aceh Barat Daya.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan guru SMA/MA se-Kabupaten Aceh Barat Daya dalam mencari dan membuat kajian teori/literatur  masih rendah.  Peningkatan kompetensi guru terutama kompetensi pedagogik dan profesional salah satunya dengan menulis karya ilmiah. Karya ilmiah yang dihasilkan tidak terlepas dari referensi yang dibaca sebagai penguatan ide/gagasan yang dikemukakan untuk pembelajaran yang berkualitas. Namun realita di lapangan banyak guru yang jarang membuat karya ilmiah karena kurangnya pemahaman guru dalam menulis karya ilmiah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan guru dalam mencari dan membuat kajian pustaka pada Karya Tulis Ilmiah Guru yang meliputi teori yang diungkapkan kesesuaian dengan judul, jenis literasi, keuptadetan literasi, serta jumlah literasi yang digunakan. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif. Menggunakan metode deskriptif analitis melalui analisis dokumen dan focus group discussion. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang telah menulis karya ilmiah sebagai bahan kenaikan pangkat diambil menggunakan teknik purposive sampling di SMA, MA, SMK di Kabupaten Aceh Barat Daya.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan guru SMA/MA se-Kabupaten Aceh Barat Daya dalam mencari dan membuat kajian teori/literatur  masih rendah.  Peningkatan kompetensi guru terutama kompetensi pedagogik dan profesional salah satunya dengan menulis karya ilmiah. Karya ilmiah yang dihasilkan tidak terlepas dari referensi yang dibaca sebagai penguatan ide/gagasan yang dikemukakan untuk pembelajaran yang berkualitas. Namun realita di lapangan banyak guru yang jarang membuat karya ilmiah karena kurangnya pemahaman guru dalam menulis karya ilmiah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan guru dalam mencari dan membuat kajian pustaka pada Karya Tulis Ilmiah Guru yang meliputi teori yang diungkapkan kesesuaian dengan judul, jenis literasi, keuptadetan literasi, serta jumlah literasi yang digunakan. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif. Menggunakan metode deskriptif analitis melalui analisis dokumen dan focus group discussion. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang telah menulis karya ilmiah sebagai bahan kenaikan pangkat diambil menggunakan teknik purposive sampling di SMA, MA, SMK di Kabupaten Aceh Barat Daya.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan guru SMA/MA se-Kabupaten Aceh Barat Daya dalam mencari dan membuat kajian teori/literatur  masih rendah. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...