Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 8, No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VIII 2020

NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN ACEH SELATAN

Eva Nauli Taib (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Masri Masri (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Evinopita Taib (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran biologi di Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Aceh Selatan dengan melibatkan 4 guru biologi dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, selanjutnya melakukan wawancara dengan guru dan analisis dokumen RPP guru untuk menemukan informasi tambahan sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran biologi di sekolah adalah peduli kesehatan, religius, mandiri, tolerensi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, tanggung jawab, serta karakter peduli lingkungan sudah dilakukan. Namun persentase setiap karakter berbeda, nilai karakter yang paling tinggi dalah nilai religius, mandiri dan tanggung jawab, bersaabat/komunikatif 100%. Toleransi 75%, peduli sosial dan peduli lingkungan 50% terendah adalah peduli kesehatan 25%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...