EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2020): EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Penguasaan IT Terhadap Self Confidence Peserta Didik di MI Muhammadiyah 23 Surabaya Tahun 2019/2020

Amirothul Maulidyana (Mahasiswi Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Ahmad Muslich (Dosen Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Sigit Dwi Laksana (Dosen Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

SettingsPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan antara penguasaan IT terhadap Self Confidence peserta didik di MI Muhammadiyah 23 Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, V dan VI yang berjumlah 3 kelas, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 10% dari 107 peserta didik dengan jumlah 52 orang peserta didik. Dalam mengukur variabel penelitian, peneliti melakukan uji instrumen terlebih dahulu, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan, dalam mengukur pengaruh kedua variabel menggunakan rumus korelasi dan regresi linier sederhana menggunakan SPSS 16 untuk mengetahui hasil data yang telah dilakukan. Berdasarkan olah data yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara penguasaan IT terhadap Self Confidence peserta didik di MI Muhammadiyah 23 Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu sebesar 61,7% dan 38,3% self confidence dipengaruhi oleh aspek lainnya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Other

Description

EduSTREAM merupakan jurnal berfokus pada perkembangan pendidikan sekolah dasar. Bahan kajian dalam jurnal EduSTREAM terdiri dari ilmu pengetahuan alam, teknologi, religi, etnopedagogi, seni, dan matematika. Jurnal yang diterbitkan merupakan hasil dari ...