Renjana Pendidikan Dasar
Vol 2 No 1 (2022): Edisi Februari 2022

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KONDISI MENTAL ANAK

Eka Kusniatul Wida (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram)
Siti Istiningsih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram)
Nurwahidah Nurwahidah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kondisi mental anak. Data disajikan secara deskriptif kualitatif terkait pengaruh pola asuh terhadap mental anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Masalah kesehatan anak merupakan salah satu masalah utama dalam bidang kesehatan saat ini di negara Indonesia. Derajat kesehatan anak mencerminkan derajat kesehataan bangsa, sebab anak sebagai generasi penerus bangsa memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan dalam meneruskan pembangunan bangsa. Sehingga masalah kesehatan anak diprioritaskan dalam perencanaan atau penataan pembangunan bangsa. Baik itu kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Salah satu penyebab anak mengalami kondisi mental yang buruk adalah pola asuh orang tua yang tidak sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Misalnya, orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter pada anak usia 4-6 tahun yang dimana anak-anak pada masa-masa seperti itu harus dilatih untuk bisa mengekspresikan dirinya dengan baik agar mudah bersisoalisasi dengan orang lain Kata kunci : pengaruh, pola asuh orang tua, mental anak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...