Renjana Pendidikan Dasar
Vol 2 No 1 (2022): Edisi Februari 2022

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING

Gusti Ayu Utari Putri Damayani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram)
Siti Istiningsih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram)
Nurwahidah Nurwahidah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Munculnya Coronavirus Disease (Covid-19) memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan. Pandemi ini mampu mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Akibat pandemi ini, sistem pembelajaran yang semula dilakukan secara luring kini dilakukan secara daring. Hal ini juga menyebabkan menurunnya tingkat pendidikan karakter di Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik terutama dalam masa pandemi covid-19 ini. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun artikel ini adalah metode kajian pustaka dengan merujuk pada sekitar tujuh artikel dan jurnal yang terkait dengan pendidikan karakter pada masa pandemi covid-19. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat banyak kasus yang ditemukan terkait dengan kurangnya pendidikan karakter bagi peserta didik. Hal ini menyebabkan guru harus mengupayakan terlaksananya pendidikan karakter bagi peserta didik meskipun dalam pembelajaran secara daring. Selain itu, guru juga harus bekerja sama dengan orang tua siswa untuk mengawasi peserta didik ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring di rumah demi mewujudkan terciptanya pendidikan karakter yang baik bagi peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...