Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan
Vol. 9 No. 1 (2018): Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health)

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DIPLOMA III KEBIDANAN DENGAN MENERAPKAN GERAKAN KARAKTER “SEJUK EMOSI, HATI, AKAL DAN TUBUH” (SEHAT)

Desy Widyastutik (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2018

Abstract

Tenaga kependidikan merupakan sumber daya manusia yang saling berkaitan dalam proses meningkatkan kualitas pendidikan. Pembentukan lingkungan kerja dalam pengembangan karakter individu melibatkan semua unsur sivitas pendidikan dan beberapa kegiatan maka disusun gerakan karakter yang berkesinambungan sehingga manfaat pembinaan karakter dapat dirasakan. Melalui Gerakan karakter “SEHAT” merupakan upaya menggerakkan sivitas akademik dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang baik dan bertujuan terciptanya hubungan yang baik antar individu dalam institusi pendidikan. Gerakan ini menimbulkan hal yang positif sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja seperti bekerja dengan penuh semangat, memiliki loyalitas, berdisiplin tinggi sehingga tercapai prestasi kerja yang semaksimal mungkin. Penelitian ini bertujuan mengukur peningkatan karakter disiplin, komunikasi, tanggung jawab, kerja sama dan kerja keras setelah penerapan gerakan karakter “SEHAT”, mengukur peningkatan motivasi kerja tenaga kependidikan setelah penerapan gerakan karakter “SEHAT”, menganalisis hubungan karakter dengan motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan proses penelitian tindakan (Action Research) yang terdiri 3 siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kependidikan yang bekerja di Akbid Ar-Rum Salatiga dan Akbid Panti Wilasa YAKKUM Semarang berjumlah 28 tenaga kependidikan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini adanya peningkatan karakter disiplin, komunikasi, tanggung jawab, kerja sama dan kerja keras setelah penerapan gerakan karakter “SEHAT”, peningkatan motivasi setelah penerapan gerakan karakter “SEHAT”, ada hubungan karakter dengan motivasi kerja tenaga kependidikan yaitu Gerakan Karakter “SEHAT” berkorelasi sangat kuat dengan motivasi dan berpengaruh terhadap motivasi sebesar 65,4%. Simpulan dalam penelitian ini ada peningkatan motivasi kerja setelah penerapan gerakan karakter “SEHAT”.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jks

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health) merupakan wadah atau sarana yang menerbitkan tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian maupun nonhasil penelitian di bidang ilmu-ilmu kebidanan khususnya dan ilmu-ilmu kesehatan pada umumnya yang belum pernah diterbitkan atau ...