Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan
Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health)

PENGARUH EDUKASI STUNTING MENGGUNAKAN METODE AUDIOVISUAL DAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK STUNTING

Ajeng Maharani Pratiwi (Unknown)
Erinda Nur Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Latar Belakang: Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh untuk mencapai pertumbuhan normal yangdiakibatkan oleh status gizi kurang dalam periode waktu lama. Pencegahan serta penanganan stuntingdapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan ibu yang memiliki anak stunting agar tidak berlanjutpada anak selanjutnya. Pemberian edukasi pada ibu dapat dilakukan menggunakan metode audiovisualdan booklet. Tujuan Penelitian: mengetahui pengaruh pemberian edukasi dengan metode audiovisualdan booklet terhadap pengetahuan ibu tentang stunting di Desa Jekani Kecamatan Mondokan Sragen.Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan non equivalentcontrol group design yang dilaksanakan pada bulan september 2020. Sampel penelitian ini adalah 60orang ibu – ibu dengan anak stunting. Analisis data menggunakan Paired t-test, Independent t-test, danChi Square. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil Penelitian: Terdapat peningkatanpengetahuan antara dua kelompok dengan p-value=0.000. Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengaruhedukasi terhadap pengetahuan ibu dengan anak stunting dengan metode audiovisual dan booklet

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jks

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health) merupakan wadah atau sarana yang menerbitkan tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian maupun nonhasil penelitian di bidang ilmu-ilmu kebidanan khususnya dan ilmu-ilmu kesehatan pada umumnya yang belum pernah diterbitkan atau ...