Jurnal Kependidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2012): Pebruari

Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Implementasi Kurikulum Terpadu di Sekolah Menengah Atas Darul Ulum 2 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Peterongan Jombang

Farihatus Sholihah (IAIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2012

Abstract

Peningkatan mwtu pendidikan merupakan usaha untuk mengembangkan kemampuan, sikap yang berahlak di segala bidang. Agar peningtan mutu pendidikan tercapai, maka diperlukan adanya prinsip-prinsip sebagai berikut: berfokus pada customer, setiap anggota dari sekolah adalah pemasok (supplier) dan pengguna (customer), keterlibatan menyelurw/i, semua orang harui terlibat dalam transformasi mutu, adanya pengukuran, pendidikan sebagai sistem, perbaikan yang berkelanjutan hahwa tiap proses perlu diperbaiki dan penyempumaan. Tulisan ini merupakan basil penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan realitas mutu pendidikan di SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI Peterongan Jombang. Berdasarkan analisis data, selain mengintegrasikan ketiga kurikulum antara kurikulum pondok, fcurifculum nasiorml dan Curiculum Camhridge, dalam penerapannya juga menekankan hubungan antara dua atau lebih mata pelajaran dengan berdasarkan prinsip moral, sosial dan etika serta tanpa menghilangkan batas-batas setiap mata pelajaran. Sedangkan peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi kurikulum terpadu, yaitu dengan menerapkan sistem Droup Out (DO), training untuk guru dan pemberian reward pada siswa berprestasi.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Kependidikan Islam is a double-blind reviewed academic journal published by Department of Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam published be-annual, February and August. It concern in the development of Islamic education, conceptual innovation or ...